Penurunan Suhu di Sumbar, Berikut Analisa Dari BMKG

Penurunan Suhu di Sumbar, Berikut Analisa Dari BMKG
Peta sebaran awan di Sumbar. (Sumber: BMKG)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Sejak Selasa (9/1/2018) kemarin, Kota Padang dan sekitarnyan merasakan suhu udara yang cukup dingin, terutama pada malam hingga dini hari. Hal tersebut dikarenakan penurunan suhu yang cukup signifikan dari 20 hingga 25 derajat celcius menjadi 17 hingga 21 derajat celcius.

Dari informasi yang berhasil dirangkum dari Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Padang Pariaman, salah satu faktor yang menyebabkan perubahan suhu tersebut adalah pertumbuhan awam di siang dan malam hari yang tidak signifikan.

Suhu minimum harian di Indonesia dari tanggal 9-10 Januari 2018. (Sumber : BMKG)

“Saat siang yang cerah, bumi akan menerima radiasi panas matahari lebih banyak sehinga suhu terasa lebih tinggi.Sebaliknya, karena tak ada awan, bumi akan lebih cepat melepaskan panas yang diterima ke atmosfer saat malam, hal ini mengakibatkan bumi melepaskan panas lebih cepat dan lebih besar ke atmosfer  dari biasanya. Hal ini lah yang mengakibatkan suhu terasa dingin,” terang Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Achadi Subarkah Raharjo, Rabu (10/1/2018) malam.

Selain itu, dijelaskannya kondisi minimnya hujan di Sumatera Barat diakibatkan adanya daerah tekanan rendah atau gangguan cuaca di barat Lampung sehingga awan awan hujan terkonsentrasi di sekitar daerah tekanan rendah, alasan lai adalah awan-awan hujan di wilayah Sumatera Barat “tertarik” ke arah selatan-tenggara.

“Dampaknya adalah penurunan suhu udara di Sumbar dari dua derajat normalnya. Namun, itu semua masih dalam tahap wajar atau belum ekstrem sehingga belum berdampak terhadap kepada kehidupan manusia,” paparnya.

Kejadian suhu rendah ini diprediksi masih akan terjadi dalam rentang waktu dua hingga tiga hari ke depan. [Red]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.