Perangi Narkoba, Kodim 0304 Agam Sepakati MoU dengan BNNK Payakumbuh | Redaksi Sumbar

Perangi Narkoba, Kodim 0304 Agam Sepakati MoU dengan BNNK Payakumbuh

Perangi Narkoba, Kodim 0304 Agam Sepakati MoU dengan BNNK Payakumbuh Dibaca : 367 Kali
Bagikan:

Bukittinggi, RedaksiSumbar.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0304/Agam sepakat untuk menyatakan perang terhadap segala macam bentuk peredaran Narkotika dan Obat-obatan pada wilayah kerjanya di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Kerjasama itu diwujudkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Perjanjian kerjasama pemberantasan Narkoba antara Satuan Kodim 0304/Agam dengan BNNK Payakumbuh di Aula II Makodim 0304/Agam, Jumat (20/1/2017).

Dalam MoU disebutkan pihak pertama (Kodim 0304 Agam) tidak akan melakukan pelanggaran, baik pelanggaran disiplin militer, tindak pidana militer, dan tindak pidana selain pidana militer, terutama penyalahgunaan dan peredaran narkotika dan prekusor lainnya, dan apabila dikemudian hari melakukan pelanggaran, baik pelanggaran disiplin militer dan lainnya akan dilaksanakan penindakan sesuai proses hukum yang berlaku di TNI AD.

Adapun acara penandatanganan MoU dihadiri dan disaksikan oleh seluruh Danramil dijajaran Kodim 0304/Agam dan puluhan Prajurit di Makodim 0304/Agam.

Tepat pada pukul 09.21 WIB,  penandatanganan MoU antara Dandim 0304 Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan dengan Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Firdaus dilaksanakan dengan bukti fakta integritas yang ditanda tangani masing- masing kedua belah pihak.

Setelah penandatanganan MoU selesai, dilanjutkan dengan Sosialisasi Dampak Narkoba dilingkungan masyarakat yang disampaikan langsung oleh AKBP Firdaus.

Komandan Kodim 0304/Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara mengatakan,  bahwa pihak Kodim 0304/Agam sebelumnya telah melaksanakan pengecekan urine kepada seluruh anggota, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir sekaligus pengawasan terhadap penyalahgunaan Narkoba di lingkungan satuan.

“Nota Kesepahaman itu mancakup bantuan TNI kepada BNN dalam rangka membantu pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika serta pelaksanaan rehabilitasi. Pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada UU nomor 25 tahun 2014 tentang Hukum Disiplin Prajurit,” terangnya.

Baca Juga :  Pelaksanaan UNBK di Bukittinggi Berjalan Lancar

Salim Kurniawan Dewantara menambahkan, pihaknya akan terus memaksimalkan peran Babinsa  di setiap Desa/Kelurahan yang tentunya membentuk jaring informasi yang kuat. Dari jaring informasi tersebutlah, kita bisa menindaklanjuti informasi yang ada dengan bekerjasama dengan aparat Kepolisian untuk memantau kegiatan-kegiatan pergerakan jaringan Narkoba di wilayah tersebut.

Selanjutnya, kedepan akan ada target Desa atau Kelurahan yang kembali dijadikan sebagai Desa/Kelurahan bebas narkoba sehingga bisa memotivasi daerah lain untuk berbuat gerakan anti narkoba.

Sementara itu Kepala BNNK Payakumbuh AKBP Firdaus mengatakan, MoU ini akan membantu tugas BNNK dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah kerjanya, dan ini merupakan komitmen Kodim 03/04 Agam yang juga turut komit mengantisipasi peredaran narkoba.
“Sejauh ini di wilayah kerja BNNK Payakumbuh, kasus narkoba dinilai cukup tinggi, maka dari itu dibutuhkan peran seluruh pihak termasuk Kodim 03/04 Agam, dan ditargetkan kedepan dengan adanya kerjasama ini dapat mengurangi kasus narkoba itu,” jelasnya.

Firdaus mengungkapkan rasa terima kasih pada jajaran Kodim 03/04 Agam yang telah ikut mengadakan kerjasama menumpas peredaran narkoba, karena barang haram ini salah satu penyebab yang akan manghancurkan generasi muda Indonesia.

[Adek] 

Bagikan:
Tags: , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close