Perantau Simawang Saiyo Gelar Pacu Biduak Di Danau Singkarak

Perantau Simawang Saiyo Gelar Pacu Biduak Di Danau Singkarak
Ketua Umum Persatuan Perantau Simawang Saiyo, M, Nur Idris (baju biru) menyampaikan kata sambutan. [Riadi]
Bagikan:

TANAH DATAR, RedaksiSumbar.com – Persatuan Perantau Simawang Saiyo gelar Pacu Biduak di Dermaga Ombilin, Danau Singkarak Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Rabu (28/6/2017). Acara tersebut disaksikan ribuan penonton.

“Kegiatan pacu biduak ini merupakan olahraga tradisional yang sudah dkenal sejak dahulu dan banyak menjadi daya tarik masyarakat terutama di Nagari Simawang,” kata Ketua Umum Perantau Simawang Saiyo, M, Nur Idris, Kamis (29/6/2017).

Alhamdulillah kata Idris, antusias masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan Pacu Biduak kali ini. Adapun pesertanya berasal dari berbagai daerah di sekitar kawasan Danau Singkarak.

“Pacu Biduak sudah dikenal sejak lama sebagai olahraga tradisional anak Nagari Simawang dan sangat dinantikan pelaksanaannya oleh masyarakat serta diikuti banyak peserta, namun kali ini dibatasi sebanyak 25 orang kelas perorangan dan 20 tim kelas ganda,” ujar M. Nur Idris yang juga Ketua Komisi I DPRD Kota Bukittinggi ini.

Idris berharap kedepan lomba pacu biduak ini akan digelar setiap tahunnya dan akan terus dibenahi dalam pelaksanaan agar lebih baik. Diharapkan agar Pemerintah Daerah Tanah Datar menjadikannya sebagai kalender pariwisata dan agenda tahunan.

Putra asli Nagari Simawang ini bahkan berencana akan membuat event besar tahun 2018 yang bertepatan dengan Mubes IX dan Pulang Basamo Perantau Simawang Saiyo, dalam pelaksanaan pacu biduak akan diselenggarakan dengan berbagai acara anak nagari antara lain Festival Kuliner Mamongek Ikan yang merupakan kuliner Simawang yang sudah dikenal masyarakat luas.

“Pacu biduak ini akan diadakan setiap tahunnya dan untuk tahun 2018 nanti akan dibuat untuk tingkat provinsi yang diadakan berbarengan dengan festival kuliner momongek ikan 100 panci yang direncanakan akan diusulkan dalam MURI Indonesia,” ujar Idris. [Riadi/Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan