Perantau Simawang Saiyo Solok dan Sawahlunto Siap Bangun Nagari Solok

Perantau Simawang Saiyo Solok dan Sawahlunto Siap Bangun Nagari  Solok
Bagikan:




Solok, RedaksiSumbar.com– Ketua Umum DPP Perantau Simawang Saiyo Nagari Simawang Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumbar, M. Nur Idris,menyampaikan rasa bangga dan senang bahwa cabang perantau Simawang Saiyo Solok sudah banyak berperan dan berkontribusi dalam membangun kampung halaman. Sumbangan moril dan materil dari perantau Solok sangat banyak dirasakan oleh warga Nagari Simawang.

“Ini satu-satunya cabang perantau Simawang Saiyo yang tidak putus-putusnya membantu dan memikirkan perkembangan Nagari Simawang sejak dulu sampai sekarang. Dan ini pula cabang Simawang Saiyo yang sudah banyak kegiatan sosial, keagamaan dan koperasi yang berkembang sampai sekarang,” ujar M. Nur Idris dalam silahturahmi DPP Simawang Saiyo dengan DPC Simawang Saiyo Solok di Tanah Garam Solok, Minggu (8/1).

Dalam pertemuan yang dihadiri ratusan warga Simawang Saiyo Solok itu, M.Nur Idris menyampaikan perkembangan dan program kerja organisasi Simawang Saiyo serta perkembangan pembangunan Nagari Simawang. Tampak hadir Pengurus DPP Simawang Saiyo Jamalis dan M.Syukur Dt. Rajo Nan Hitam.

M. Nur Idris menyampaikan pembangunan yang akan dilaksanakan di nagari saat ini berupa pembangunan Pondok Pesantren Istiqomah Simawang di Bolek Padang Simawang, yang memerlukan dana sebesar Rp 30 miliar. Kemudian juga pembangunan Gedung Serba Guna senilai Rp 2 miliar yang dibangun di pinggir Lapangan Bola Talago Panjang Piliang.

“Insya allah kita akan membangun pesantren di Padang Simawang sebagai pengembangan pesantren yang lama, agar lebih representatif dan memakai luas sekitar 50 hektar dengan biaya sekitar Rp 30 miliar. Untuk gedung serba guna kita sudah mulai melakukan pembangunan dengan pemasangan pondasi dan tiang beton,” ujar M. Nur Idris

Tampak hadir pada kesempatan itu Ketua Simawang Saiyo Solok, Jhon Lasmi Dt Bagindo Nan Panjang dan Pembina Mardi Malain Mangkuto, Syafriyon Dt. Panghulu Mudo dan sejumlah pengurus lainnya.

Ketua Simawang Saiyo Solok Jhon Lasmi Dt. Bagindo Nan Panjang menyampaikan terima kasih atas kedatangan pengurus DPP Simawang Saiyo. “Insya Allah kami siap membantu pembangunan di Nagari Simawang,”ujarnya.

Sementara itu, pada hari yang sama DPP Simawang Saiyo juga melakukan silahturahmi dengan perantau Simawang yang tergabung dalam DPC Simawang Saiyo Kota Sawahlunto di Lubang Panjang Kota Sawahlunto yang dihadiri puluhan warga Simawang yang berada di Kota Sawahlunto. Nampak hadir pengurus Simawang yakni Mansyur Agus, Nurfarizal dan Adrizal mantan anggota DPRD Sawahlunto.

Dikatakan oleh Mansyur Agus yang biasa disapa Mak Oneng, bahwa perantau Simawang Saiyo di Kota Sawahlunto ada sekitar 450 KK. Dia mengakui bahwa organisasi Simawang Saiyo di Sawahlunto sudah aktif sejak dulu. Oneng mengatakan dengan kedatangan pengurus DPP ini akan menjadi semangat kami perantau Simawang untuk lebih aktif lagi.

“Kami berterima kasih atas kedatangan pengurus DPP Simawang Saiyo. Ini menjadi darah baru bagi kami untuk membangkitkan kembali organisasi perantau Simawang di Sawahlunto,” ujar Oneng sembari menceritakan kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan. (Adek)

Bagikan:
Tags: ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan