Percepat Pembersihan Jalur Simaka, Pemprov Tambahkan Dua Alat Berat | Redaksi Sumbar

Percepat Pembersihan Jalur Simaka, Pemprov Tambahkan Dua Alat Berat

Percepat Pembersihan Jalur Simaka, Pemprov Tambahkan Dua Alat Berat Dibaca : 151 Kali
Bagikan:

Agam, RedaksiSumbar.com–Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menambah dua unit alat berat untuk mempercepat pembersihan material longsor di ruas jalan Sicicin-Malalak-Balingka (Simaka). Sebelumnya pembersihan material juga telah dikerahkan dua alat berat dari Dinas Prasarana Jalan dan Tarkim Provinsi, namun belum bekerja cukup maksimal dalam penanganan longsor di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat melakukan pemantauan di lokasi Senin (9/1), mengatakan, dari 11 titik longsor yang ada saat ini pengerjaannya secara umum sudah berjalan maksimal, namun kondisi cuaca menjadi faktor penentu bagi petugas yang bekerja di lokasi.

Menurutnya, intensitas hujan yang tinggi saat ini dan labilnya kondisi tebing di sepanjang ruas jalan Simaka patut diwaspadai petugas, dan diharapkan dalam beberapa hari kedepan cuaca bersahabat, sehingga proses pembersihan material longsor dapat berjalan dengan cepat.

“Dua unit alat berat bantuan itu direncanakan datang dalam waktu dekat, mengingat ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Agam dan Kabupaten Padang Pariaman ini merupakan jalan milik Provinsi Sumatera Barat, maka dari itu perlu penanganan cepat dalam membersihkan material longsornya,” jelasnya.

Nasrul Abit menambahkan perkiraan waktu pengerjaan pembersihan material longsor ini memakan waktu paling cepat empat hari, dan untuk antisipasi kedepan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menambah pengamanan tebing di sepanjang ruas Jalan Simaka, dan menyiapkan alat berat, sehingga apabila terjadi bencana longsor susulan dapat diantisipasi secara cepat.

Ia juga berharap alat berat tambahan ini dapat didatangkan dengan segera, sehingga pembersihan material longsor di ruas jalan Sicincin-Malalak-Balingka ini dapat diselesaikan dalam waktu dekat.

“Kepada masyarakat yang tinggal di sekitar ruas jalan diminta untuk waspada, dan tidak memaksakan diri melewati jalan yang masih dalam tahap proses pembersihan dari material longsor,” imbaunya. (Adek)

Bagikan:
Baca Juga :  Sekda Tindak ASN Libur Hari Senin
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close