Pertama di Sumbar, Bupati Solok Selatan Launching Program Sahabat Alquran | Redaksi Sumbar

Pertama di Sumbar, Bupati Solok Selatan Launching Program Sahabat Alquran

Pertama di Sumbar, Bupati Solok Selatan Launching Program Sahabat Alquran
Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria saat louncing masyarakat cinta Alquran di Kemenag Solok Selatan, Senin (20/3/2017).
Dibaca : 330 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat H. Muzni Zakaria launching program masyarakat sahabat Alquran di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solok Selatan di Golden Arm, Senin (20/3/2017). Program Sahabat Alquran ini merupakan upaya yang dilakukan Kemenag Solok Selatan untuk menjadikan masyarakat yang qurani dan cinta Alquran.

Kepala Kementerian Agama Solok Selatan, Syahrul mengatakan, program masyarakat sahabat Alquran ini adalah  yang pertama di Sumatera Barat, dan untuk mensukseskan program tersebut, pihaknya memberikan bimbingan dan pembinaan kepada 80 orang tenaga penyuluh agama non PNS di Solok Selatan yang selanjutkan akan ditugaskan untuk menyukseskan program tersebut.

Dia mengatakan, salah satu metode yang paling ampuh dalam mengayomi dan mengajak masyarakat dalam penyuluhan adalah dengan menjadi uswah hasanah (contoh teladan yang baik) bagi masyarakat di sekitarnya, terutama kelompok binaannya. “Untuk itu, punyuluh agama harus diberikan ilmu dan harus menjadi contoh ditengah-tengah masyarakat,” katanya.

Program sahabat Alquran diantaranya adalah one day one juz dan ine day one line. One day one juz, lanjutnya adalah program membaca al-qur’an 1 juz dalam satu hari, dengan demikian apabila rutin dilaksanakan maka akan dapat mengkhatamkan Alquran dalam satu bulan.

Sedangkan program one day one line adalah program menghafal satu baris Alquran dalam satu hari, ia berharap jajaran Kementerian Agama Solok Selatan dapat menjalankannya.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria mengapresiasi Kemenag Solok Selatan selalu mendukung terwujudnya Solok Selatan yang religius. Menurutnya program ini akan efektif untuk menjadikan masyarakat Solok Selatan yang cinta Alquran.

Dia mengatakan, untuk mendukung program tersebut, Pemerintah daerah akan membuat Peraturan Daerah, dengan demikian Pemda akan mempunyai dasar hukum untuk memberikan bantuan demi sukses dan berjalan lancarnya program sahabat Alquran tersebut.

Baca Juga :  Pariwara Pemkab Solok Selatan

“Program Sahabat Alquran juga akan diterapkan mulai dari Pemerintahan Nagari sampai dengan seluruh ASN yang ada di Pemda Solok Selatan. Dan tak tertutup kemungkinan hingga instansi vertikal,” kata dia. [Dicky]

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close