Pertama di Sumbar, SMK N 1 Painan Buat Terobosan Baru Penegakan Disiplin Sekolah

Pertama di Sumbar, SMK N 1 Painan Buat Terobosan Baru Penegakan Disiplin Sekolah
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Memberikan efek jera bagi pelajar yang kedapatan bolos sekolah ataupun terlambat ke sekolah, bukan melulu harus di lakukan dengan tindakan ataupun sanksi. Untuk menciptakan budaya malu bagi para pelajar, SMK Negeri 1 Painan bekerjasama dengan Satuan Unit Dikyasa Satlantas Polres Pessel telah menyiapkan rompi orange bagi para pelajar.

Rompi orange ini akan dipakai pelajar yang kedapatan bolos sekolah, terlambat ke sekolah.  Ataupun pelanggaran lainya di sekolah.

Kasat Lantas Polres Pessel, Iptu Gandha N, S.IK melalui Kanit Dikyasa Satlantas Polres Pessel Aipda Undra Putra ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan, ini terobosan kreatif dan mungkin yang pertama di Sumatera Barat. Dalam program pemberian rompi orange ini ia berkerjasama dengan beberapa sekolah.

“Untuk awal ini kita diminta oleh pihak SMK Negeri1 Painan untuk melaksanakan kegiatan ini,” terang Undra, Rabu (25/1).

Undra menuturkan, rompi ini di lengkapi gembok yang berada di resleting rompi bagian atas dan  bawah. Dan kunci dipegang oleh guru pengajar pada jam pelajaran ketiks itu. Memberikan sanksi itu bukan harus dilakukan dengan tindakan ataupun dengan teguran saja. Tapi bisa dengan perbuatan.Disini Undra mencoba memberikan tekanan tentang budaya malu bagi para pelajar.

“Kita akan laksanakan sosialisasi kegiatan ini usai pulang sekolah nantinya, agar tidak menggangu proses belajar mengajar,” ucap Undra.

Mudah-mudahan dengan terobosan kreatif yang dilakukan oleh Unit Dikyasa Satlantas Polres Pessel bisa memberikan efek jera dan meminimalisir kenakalan remaja di sekolah.

[Irfan Galang]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan