Petani Cabai di Solok Selatan Merugi | Redaksi Sumbar

Petani Cabai di Solok Selatan Merugi

Petani Cabai di Solok Selatan Merugi Dibaca : 457 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Sejumlah petani cabai di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat merugi. Pasalnya, tanaman cabai yang mereka tanam sejak sebulan terakhir mendadak layu dan membusuk bahkan mati sehingga tidak bisa menunggu masa panen.

“Sejak sebulan terakhir tanaman cabai disini mendadak layu dan membusuk, bahkan ada yang mati. Sehingga kita petani tidak bisa menunggu masa panen tiba,” kata salah satu petani cabai di Nagari Lubuk Gadang Selatan, Sarmidi.

Menurut dia, kondisi seperti ini baru dialaminya sejak memulai bercocok tanam cabai lima tahun terakhir. Bahkan, ada beberapa pohon cabai tidak mengalami pertumbuhan.

“Akibat dari kejadian ini kita petani cabai di Solok Selatan mengalami kerugian puluhan juta. Bahkan, ada beberapa orang petani yang mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah,” kata dia.

Hal serupa juga dikatakan seorang petani cabai di Pasir Putih, Adi masril, perkebunan cabai seluas 2,5 hektare miliknya mengalami gagal panen.

“Tak satu batang cabai pun yang bisa di panen akibat penyakit cabai yang menyerang satu bulan terakhir. Namun, hingga sekarang belum diketahui penyakitnya,” katanya.

Menurutnya, penyakit cabai seperti ini mungkin di akibatkan oleh musim pancaroba. Karena, musim saat ini tidak menentu. Sehingga menghambat pertumbuhan cabai.

“Kita berharap bantuan Dinas Pertanian dalam mengatasi penyakit cabai ini. Agar para petani cabai tidak ragu dan bisa memulai menam cabai lembali,” harapnya. [Dicky]

Bagikan:
Baca Juga :  Kepsek SMA 7 Solok Selatan Berikan Reward Bagi Pelajar Berprestasi
Tags: , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close