Pilkada 2018, WBP Akan Diberikan TPS Khusus

Pilkada 2018, WBP Akan Diberikan TPS Khusus
Ilustrasi. (Dok: Inovasee)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk memilih Walikota pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Juni 2018 mendatang.

Komisioner KPU Padang, Yusrin Trinanda mengatakan, TPS khusus hanya disediakan bagi tahanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) atau rumah tahanan (rutan). Untuk rumah sakit, pihaknya tak menyediakan hal tersebut.

“Mengingat para tahanan juga mempunyai hak pilih sebagai warga negara yang baik, kami fasilitasi mereka dengan menyediakan TPS khusus,” ucapnya, Jumat, 23 Februari 2018.

Tercatat sebanyak 383 warga binaan di Rutan Anak Aia terdaftar sebagai pemilih di Kota Padang dan 829 narapidana juga masuk sebagai pemilih pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang 2018.

“Untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di kedua tempat tersebut akan berasal dari petugas masing-masing rutan dan lapas,” terangnya.

Untuk jumlah TPS, imbuh Yusrin, sebanyak 1.600 TPS tersebar di 11 Kecamatan yang ada di Padang. Jumlah tersebut bertambah dari pilkada sebelumnya yang hanya mencapai 1.592 TPS.

“Dengan penambahan ini, diharapkan akan memberikan kemudahan bagi pemilih untuk menyumbangkan suaranya di ajang demokrasi yang dihelat setiap lima tahun sekali. Penambahan juga dilakukan karena jumlah penyebaran penduduk yang meningkat, terutama di Kecamatan Lubuk Begalung, Kuranji, dan Koto Tangah,” tukasnya. [Red]




Bagikan:
Topik: ,
Loading...