PKS Diminta Waspada Saat Libur Lebaran

PKS Diminta Waspada Saat Libur Lebaran

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Menjelang hari libur lebaran Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 ini, Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat (DLH Pasbar) menghimbau kepada perusahaan kelapa sawit di Pasaman Barat. Khususnya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang tersebar di 11 Kecamatan.

Baca juga – http://DLH Pasbar Gelar Lomba Antar Perusahaan https://redaksisumbar.com/dlh-pasbar-gelar-lomba-antar-perusahaan/

Kepala DLH Pasbar, Andrinaldi. AP. M.Si kepada RedaksiSumbar.com, Senin (27/5/2019) mengatakan himbauan itu gunanya agar selalu waspada terhadap lingkungan perusahaan pada saat libur lebaran nanti.

“Baik itu limbah cair maupun limbah padat seperti janjangan kosong dan lainnya agar diperhatikan sebelum PKS berhenti beroperasi menjelang libur. Karena, kita takut terjadi ada hal yang tidak diinginkan, dimana saat libur tersebut karyawan sepi. Palingan juga tinggal bagi yang piket lebaran,” ungkap mantan Plt Sekda Pasbar itu.

Dijelaskan Andrinaldi juga, di Pasaman Barat ini ada 15 unit Pabrik Kelapa Sawit yang terbagi dibeberapa kecamatan baik di bagian Utara Pasaman Barat dan Juga bagian Selatan serta Tengah. Semua itu harus waspada, khususnya limbah cair dan limbah padat.

Baca juga – http://LSM Pelindas Minta Pemkab Pasbar Bentuk Tim Pengelolaan CSR Demi Kesejahteraan Masyarakat https://redaksisumbar.com/lsm-pelindas-minta-pemkab-pasbar-bentuk-tim-pengelolaan-csr-demi-kesejahteraan-masyarakat/

“Limbah cair harus diwaspadai keberadaan kolam, harus sering dikontrol agar tidak terjadi kebocoran ataupun pipa pecah dan sebagainya. Apalagi, disaat libur nanti kita tidak tau kondisi cuaca,” jelasnya.

Sementara untuk limbah padat, harus betul-betul waspada. Karena, mudah terbakar dan bisa mengakibatkan patal apabila itu terjadi. Jadi, perusahaan harus betul-betul waspada dan siapkan hydran atapun sumber air.


“Kita tidak tau kondisi cuaca saat lebaran nanti, tapi yng jelas kepada perusahaan dihimbau waspada dan persiapkan semuanya sebelum hari libur lebaran ini. Demi, menjaga keselamatan dan kenyamanan disaat libur lebaran nanti,” pinta mantan Kasat Pol PP tersebut. (Bisri Batubara)



Loading...

Subscribe