PKS PT. AWL Genjot Perekonomian Masyarakat

PKS PT. AWL Genjot Perekonomian Masyarakat
Poto PKS PT. AWL di Jorong Simpang Tiga Alin, Pasaman Barat. (istimewa)
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Berdirinya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Agro Wiraligatsa (AWL) di Jorong Simpang Tiga Alin, Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat sejak beberapa tahun lalu mampu mendongkrak prekonomian masyarakat setempat dan petani sawit.

Karena, dengan beroperasionalnya pabrik tersebut terbukti membawa manfaat cukup besar dari segi ekonomi bagi masyarakat.

Menurut Pj. Wali Nagari Persiapan Muaro Kiawai Barat, Ferdinan Ujang, saat berbincang dengan belum lama ini mengatakan, sejak berdirinya PKS PT. AWL di Jorong Simpang Tiga Alin itu sudah melihatkan manfaat bagi masyarakat. Terutama dari segi perekonomian masyarakat sekitar.

“Yang biasanya menganggur, sekarang masyarakat setempat sudah bekerja walaupun hanya sebatas buruh bongkar muat dan ada juga sebagai karyawan di PKS PT. AWL tersebut,” terangnya.

Dikatakannya juga pada saat itu, satu-satunya PKS di Wilayah bagian Utara Kabupaten Pasaman Barat yang menerima Tandan Buah Segar (TBS) yang memakai angkutan mobil kecil seperti Colt dan L.300.

“Petani sawit bisa langsung menjual ke PKS PT. AWL walaupun TBS nya dalam jumlah kecil. Yang terpenting bisa ditimbang di timbangan PKS. Biasanya timbangan itu memakan minimal 1 Ton TBS,” katanya.

Dia berharap, agar pihak perusahaan selalu mempertimbangkan harga TBS yang sesuai, agar pendapatan masyarakat petani sawit itu stabil. Apabila stabil maka kehidupan masyarakat akan sejahtera.

“Petani sawit berharap harga TBS cepat naik, agar kesejahteraan itu tercapai sesuai harapan. Karena, apabila harga masih rendah bisa mengakibatkan perekonomian masyarakat akan anjlok,” pintanya.

Terkait hal itu, Direktur Utama PT. AWL, Rudi, menanggapi dengan ucapan terima kasih terhadap masyarakat sekitar perusahaan. Karena, semua itu terlaksana berkat kerja sama dan dukungan dari masyarakat itu sendiri.

“Kita akan terus memberikan yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat setempat. Dimana ada peluang kota akan utamakan warga setempat,” tegasnya.

Terkait harga sawit jelas Rudi, tentu tergantung dengan pasaran harga yang ada di Pasman Barat. Tapi yang jelas, kita akan terus berusaha agar harga TBS ini meningkat.

“Mari kita do’a kan bersama, agar harga TBS ini cepat naik apabila harga CPO meningkat dan rendemen TBS itu meningkat. Karena, kita juga sangat berharap itu,” tuturnya. (Red)




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...