PKS PT. BSS Pasaman Barat terancam disegel | Redaksi Sumbar

PKS PT. BSS Pasaman Barat terancam disegel

PKS PT. BSS Pasaman Barat terancam disegel
Tampak DLH sedang tinjau lokasi limbah bocor PKS PT. BSS
Dibaca : 360 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasaman Barat tinjau lokasi limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Berkat Sawit Sejahtera (BSS) di Jorong Simpang Tiga Alin, Nagari Muaro kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat. Pasalnya, diduga membuang limbah ke paret menuju sungai.

Diketahuinya limbah bocor itu setelah ada masyarakat yang melapor ke DLH Pasbar, Selasa (15/5/2017). Setelah kelapangan ditemukanlah air limbah berserakan disekitar pompa.

“Benar ada air limbah mengalir ke paret dan menuju sungai. Akibat terbuangnya limbah itu maka air Sungai Batang Alin di Jorong Simpang Tiga Alin itu berwarna hitam pekat. Tapi tidak ditemukan Ikan mati,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pasbar, Edi Busti, melalui Kabid Pengawasan, Yulina Bakar, kepada RedaksiSumbar.com, Selasa (15/5/2017) di PKS PT. BSS.

Dalam tinjauan ini, DLH Pasbar melakukan pengambilan sample air untuk dilaboratorium. Apakah melebihi baku mutu atau tidak, tentu ditunggu dulu hasilnya.

“Kalau diatas baku mutu tentunya perusahaan PKS PT. BSS harus betanggung jawab atas kerusakan ekosistem nantinya. Karena jelas melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup,” tegasnya.

Setelah dikonfirmasi Manager PKS PT. BSS, Marihot Hutabarat, mengatakan betul ada air limbah terbuang ke paret, tapi itu tidak ada kesengajaan. Kita pun heran kok bisanya pompa sirkulasi kehilangan Pulp.

“Tidak ada unsur kesengajaan, karena Pulp pompa sirkulasi hilang. Tentu tanpa Pulp air dari pompa meluber ke luar, itulah yang ke paret,” terangnya.

Kata Marihot Hutabarat, kami sudah menghentikan pompa itu setelah mengetahui adanya air limbah meluber dari pompa. Sekarang kita lagi perbaikan, semoga saja tidak terjadi hal seperti ini.

Baca Juga :  Polres Pasbar Gelar Upacara HUT Bhayangkara Ke-71 Sekaligus Syukuran

“Kita pun tidak mau mwmbuang membuang limbah sembarangan, karena bisa merusak ekosistem yang ada,” sebutnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags:
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close