PMI Bukittinggi Berharap Pendonor Darah Meningkat | Redaksi Sumbar

PMI Bukittinggi Berharap Pendonor Darah Meningkat

PMI Bukittinggi Berharap Pendonor Darah Meningkat Dibaca : 70 Kali
Bagikan:




BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Palang Merah Indonesia Kota Bukittinggi sangat mengharapkan relawan yang ingin menyumbangkan darahnya untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI setiap bulannya.

“Dimana saat ini kebutuhan darah setiap bulannya belum terpenuhi,” jelas Ahmad Jaiz, Kepala Markas PMI Bukittinggi, Jumat (10/3/2017)

Jaiz menerangkan setiap bulannya PMI Bukittinggi menargetkan 1000 kantong darah yang terkumpul, namun hanya bisa tercapai 80%dari target. Kebutuhan darah di Bukittinggi terus meningkat, apalagi jika dalam keadaan darurat kebutuhan darah di PMI tidak mencukupi.

“Kami tentunya mengharapkan pendonor sukarela yang mau mendonorkan darah mereka, agar kebutuhan darah di Bukittinggi bisa terpenuhi,” imbuhnya.

Untuk saat ini, sambung Faiz kebutuhan darah tidak hanya datang dari Bukittinggi saja namun juga beberapa daerah lainnya seperti Kabupaten Pasaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Payakumbuh, dan Padangpanjang.

PMI juga berupaya mencapai target kebutuhan darah dengan mencoba melakukan sosialisasi ke tempat-tempat keramaian secara rutin dan membentuk perkumpulan di masyarakat hingga lingkup terkecil.

“Biasanya dalam sosialisasi itu kami memberi informasi mengenai manfaat donor darah. Adakalanya dapat langsung melakukan donor atau kami ajak calon pendonor datang ke kantor PMI Bukittinggi,” ujarnya.

Ia menerangkan mendonorkan darah dapat dilakukan oleh usia 17 sampai 60 tahun dan selain sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama juga bermanfaat bagi kesehatan.

Bila kondisi tubuh dalam keadaan baik dan dapat rutin mendonorkan darah setiap satu kali dalam dua setengah hingga tiga bulan, akan mendorong terbentuknya sel darah baru.

“Dalam satu kali donor darah yang diambil sebanyak 250 sampai 300 cc jadi otomatis nanti akan ada pembentukan sel darah baru. Jadi, mari rutin donor darah,” imbaunya.[DKP] 

Bagikan:
Baca Juga :  Operasi Simpatik, Polres Bukittinggi Beri Helm dan Mukena Pada Pengendara yang Tertib
Tags: , ,



No Responses


close