Pohon Pisang Lengkap dengan Buahnya Ditanam di Tengah Jalan | Redaksi Sumbar

Pohon Pisang Lengkap dengan Buahnya Ditanam di Tengah Jalan

Pohon Pisang Lengkap dengan Buahnya Ditanam di Tengah Jalan Dibaca : 469 Kali
Bagikan:

SIJUNJUNG, RedaksiSumbar.com – Warga Jorong Dusun Tuo, Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, Sumbar menancapkan pohon pisang yang lengkap dengan buahnya ditengah jalan lintas sumatera. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk membuat sesuatu yang mencolok bagi pengemudi yang melewati jalan tersebut. Pohon pisang itu persis di letakkan ditengah jalan, jika dilihat sepintas memang lucu, namun upaya yang dilakukan warga tersebut bukanlah untuk lelucon, melainkan sebagai tanda kepedulian warga kepada pengguna jalan agar tidak melindas lubang yang menganga di tengah jalan yang kerap memakan korban akibat terjerembab ke dalam lubang tersebut, Rabu (29/3/2017)

Menghadirkan pohon pisang di tengah jalan tersebut sudah berulang kali dilakukan warga, bahkan sebelumnya warga juga pernah meletakkan ban bekas serta karung pasir untuk mengatasi lubang yang menganga lebih kurang berdiameter satu meter dan kedalaman sekitar 30cm tersebut sebagai penanda agar pengemudi menghindari jalan berlobang itu.

Keterangan dari warga disana, lubang yang terletak di depan SPBU Muaro Bodi tersebut berawal dari rencana perbaikan jalan oleh dinas terkait yang melakukan pemecahan aspal, akan tetapi karena tidak adanya tindak lanjut untuk proses pengaspalan malah mengakibatkan lubang bertambah dalam dan lebar serta di genangi air. Kondisi lubang bertambah parah dan sangat membahayakan pengemudi terutama sepeda motor, karena selain tertutupi genangan air, posisi lubang juga berada tepat di tengah jalan.

Warga setempat mengaku sudah puluhan kali menolong pengendara yang jatuh akibat terperosok kedalam lubang, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa yang sudah menjadi korban, tak heran itu terjadi, karena jalan tersebut merupakan jalan lintas provinsi yang ramai dilewati pengendara setiap harinya.

Baca Juga :  Dihantam Banjir Bandang, Masyarakat Berharap Pemerintah Segera Perbaiki Jembatan

Salah seorang warga disana, Dedi (36) mengatakan. “Upaya yang kami lakukan tersebut sebagai bukti kepedulian terhadap pengguna jalan, karena sudah sering sekali lubang yang ada di jalan tersebut memakan korban,” tuturnya.

Aldi (34) mengatakan hal yang serupa. “Kami kasihan melihat pengendara yang jatuh gara-gara lubang tersebut, maka dari itu kami mengambil inisiatif untuk mendirikan pohon pisang di tengah jalan. Sebelumnya juga pernah kami letakkan karung dan ban bekas, akan tetapi jika hari hujan di malam hari, hal tersebut tidak jelas dan kurang mencolok, sehingga upaya seperti itu tidak efektif lantaran masih saja ada pengendara roda dua yang terjatuh gara-gara lobang itu. Beberapa waktu sebelumnya, ada pekerja yang datang untuk membuang pohon pisang yang ada di tengah jalan itu, kemudian menimbun lubang dengan pasir, kami kira ada tindak lanjut setelah itu, tapi ternyata hanya sampai disana saja, dan 2 hari setelah itu lubang pun kembali menganga bahkan menjadi tambah besar,” tambahnya.

Kasus serupa juga pernah terjadi sebelumnya di daerah Tanah Badantuang, Kabupaten Sijunjung, dan masih di jalan lintas. Warga disana membuat boneka jelangkung sebagai penanda adanya jalan rusak. Pemberitaan ataupun gubrisan tentang akses jalan rusak sudah sering didengar oleh masyarakat akan tetapi hingga hari ini hal yang demikian masih saja menjadi sebuah problema. Banyaknya jalan yang rusak, baik jalan provinsi maupun jalan kabupaten seharusnya menjadi program prioritas bagi pemerintah setempat, karena jalan merupakan akses penunjang dalam pembangunan, tentu saja harus ada perhatian khusus yang diberikan untuk hal tersebut. [Ari Ayek]

Bagikan:
Tags: , , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close