Polisi Gagalkan Penyelundupan 1,3 Ton Ganja Lintas Provinsi

Polisi Gagalkan Penyelundupan 1,3 Ton Ganja Lintas Provinsi
Barang bukti ganja seberat 1,3 ton diletakkan di halaman Mapolres Jakarta Barat. (Sumber: merdeka.com)
Bagikan:




JAKARTA, RedaksiSumbar.com – Sindikat peredaran narkoba lintas provinsi jenis ganja diamankan oleh tim dari Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 1,3 ton ganja dari Aceh yang sudah dibungkus tersebut kemudian disalurkan ke pulau Jawa tersebut berhasil disita. Enam orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

“Jaringan ini diduga merupakan sindikat yang mengedarkan narkoba jenis sabu dan ganja antar provinsi, dan sudah beberapa kali melakukan pengiriman,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi seperti dinukil dari laman MediaIndonesia.com, Kamis (4/1/2018).

Disebutkan Hengki, kasus ini berhasil diungkap hasil pengembangan kasus serupa yang ditangani Polres Metro Jakarta Barat pada Maret 2017 silam di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

“Dari hasil penyelidikan dan pelacakan, kami mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman narkoba jenis ganja dari Aceh menuju Jakarta,” ungkap Kapolres.

Kemudian Sat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Barat yang dipimpin Kepala Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat AKBP Suhermanto dan Kanit 1 Sat Resnarkoba AKP Alrasyidin Fajri Gani, melakukan penyelidikan dengan teknik surveillance dengan target tersangka Alexandro yang berangkat dari Jakarta ke Aceh.

Setelah menerima narkoba yang dimuat dalam truk boks dengan nomor polisi (nopol) B 9337 TCD, target kembali ke Jakarta melalui jalur darat. Selanjutnya dilakukan pengintaian selama beberapa hari.

Selanjutnya pada 31 Desember 2017 malam, anggota Sat Res Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menghentikan dan mengamankan truk tersebut, yang dikemudikan tersangka Ranky Alexandro di depan pintu masuk pelabuan Bakauheni Lampung.

“Saat 1 Januari 2018 dini hari dilakukan penggeledahan ditemukan paket ganja sebanyak 1.300 paket masing-masing 1 kg. Jadi total 1,3 ton ganja,” papar Suhermanto.

Ganja tersebut, sebut Suhermanto lagi, disimpan di balik tumpukan karung arang kayu yang sudah dimodifikasi dan dilapisi baja ringan. Dari pengakuan Ranky, barang tersebut dikendalikan Rocky dan Rizky yang ditangkap berikutnya di Cikarang, Bekasi dan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Dari penangkapan kedua pengendali tersebut, petugas Satres Narkoba Polres Jakarta Barat melakukan teknik controlled delivery kepada penerima narkoba tersebut. Setelah itu diamankan tersangka penerima atas nama Gardawan di Tebet, Jakarta Selatan,” ulasnya. [Red]

Sumber: mediaindonesia.com




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...