Polres Agam Turunkan Watercanon, Eksekusi Lahan Kelapa Sawit Lancar | Redaksi Sumbar

Polres Agam Turunkan Watercanon, Eksekusi Lahan Kelapa Sawit Lancar

Polres Agam Turunkan Watercanon, Eksekusi Lahan Kelapa Sawit Lancar Dibaca : 411 Kali
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Puluhan batang kelapa sawit dan sejumlah petak sawah di Nagari Kampungpinang, Kecamatan Lubukbasung dieksekusi Juru Sita Pengadilan Negeri Lubukbasung, Rabu (10/52017). Untuk proses pengamanan, Kepolisian Resor (Polres) Agam mengerahkan sedikitnya 280 personel berpakaian anti huruhara dilengkapi senjata peluru karet dan gas airmata. Satu unit mobil watercanon juga diturunkan ke lokasi terkait eksekusi lahan sengketa itu.

Tidak ada kendala berarti, pihak tergugat bahkan tidak hadir di lokasi perkara. Namun, proses eksekusi tersebut cukup menyita perhatian warga setempat. Pihak penggugat juga sudah bersiap sejak pagi hari dengan mendirikan tenda dan menyiagakan mesin chain saw.

Juru Sita Pengadilan Negeri Lubukbasung, Mustafa dalam pembacaan amar putusannya menyebut, eksekusi lahan ini berdasarkan hasil putusan Pengadilan Negeri Lubukbasung dengan Nomor:24/PDT.G/2017.PN/LB.BS atas nama Radelis ST Sinaro Cs sebagai pemohon dengan termohon Hasan Basri CS.

Sebelumnya, Hasan Basri CS menggugat putusan PN Lubukbasung ke Pengadilan Tinggi Padang pada 7 Juli 2008 dengan Nomor:151/PDT/2008/PT.PDG dan PT Padang menolak gugatan dari yang bersangkutan.

Setelah itu, Hasan Basri CS melakukan kasasi ke Makamah Agung dengan Nomor:2399K/PDT/2009. Lalu, Hasan Basri Cs mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Makamah Agung (MA) dengan Nomor:98/PK/PDT/2015. Namun dengan segala upaya hukum yang twlah ditempuh itu, permohonan pihak tergugat dinyatakan ditolak.

“Putusan pengadilan mengabulkan gugatan para penggugat sebagian. Menyatakan penggugat adalah mamak kepala waris dalam kaumnya dan para tergugat tidak sekaum bertali darah dan tidak seharta sepusaka. Menyatakan tanah objek perkara sebanyak empat tumpak adalah harta pusaka tinggi,” ujar Mustafa.

Usai pembacaan amar putusan itu, juru sita kemudian memerintahkan proaes eksekusi dengan menebang kelapa sawit dan melakukan pemancangan plang merek putusan pengadilan. Proses pembacaan amar putusan dan pemasangan batas sepadan di empat objek perkara itu berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Iron, Penderita Penyakit Aneh Di Pesisir Selatan Butuh Uluran Tangan

“Eksekusi pohon kelapa sawit dan padi di objek perkaran juga berjalan dengan baik,” kata Mustafa.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi didampingi Kabag Ops Polres Agam Kompol Elvi Rinaldi mengatakan pengamanan ini bertujuan untuk menghindari aksi yang tidak diinginkan sekaligus memberikan rasa nyaman kepada juru sita saat membacakan amar putusan di lokasi sengketa. Lebih lanjut dia menjelaskan 280 personel pengamanan berasal dari jajaran Polres Agam sebanyak 250 personel, Kodim 0304 Agam sebanyak 10 prajurit, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran sebanyak 20 orang.

“Kami juga mengerahkan satu unit mobil watercanon, satu unit mobil pemadam kebakaran dan peralatan anti huru hara,” tuturnya. [Loni Hendri]

Bagikan:
Tags: ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close