Polres Bukittinggi Giatkan Jumat Bersih Antisipasi Paham Radikal | Redaksi Sumbar

Polres Bukittinggi Giatkan Jumat Bersih Antisipasi Paham Radikal

Polres Bukittinggi Giatkan Jumat Bersih Antisipasi Paham Radikal
Bagikan:




Bukittinggi, RedaksiSumbar.com–Polres Bukittinggi komit menjalankan program prioritas Kapolri dalam hal penanganan kelompok radikal, pro kekerasan, dan intoleransi yang dapat memecah belah persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, mengatakan khusus di wilayah hukum Polres Bukittinggi program ini ditindaklanjuti dengan menggandeng ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tokoh masyarakat, melalui program Jum’at barakah dan sedekah, yang dilaksanakan setiap minggu di Masjid yang berada di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

“Dalam hal ini Polres Bukittinggi mengoptimalkan sosialisasi dan mengadakan pertemuan dengan pihak terkait, menyampaikan pesan Kamtibmas dengan target dapat mengantisipasi timbulnya paham kelompok radikal, pro kekerasan, dan intoleransi khususnya di Bukittinggi,” jelasnya.

Menurut Arly Jembar Jumhana, peran aktif masyarakat sangat penting dalam mendukung program ini, karena paham yang patut diwaspadai itu munculnya dari masyarakat, maka dari itu seluruh pihak harus dirangkul, dan diajak bekerjasama.

“Dalam mengantisipasi paham radikal, pro kekerasan, dan intoleransi, di Sumatera Barat secara umum dan khususnya di Bukittinggi memiliki nilai plus, karena di Nagari Minangkabau ini masyarakatnya masih memiliki pranata sosial yang baik, didukung dengan adat istiadat, serta paham agama masyarakat yang kuat. Namun demikian perlu juga dioptimalkan pengawasan dilapangan sebagai langkah antisipasi awal,” terangnya.

Arly Jembar Jumhana menambahkan, sejauh ini paham itu belum ditemukan di wilayah hukum Polres Bukittinggi, namun demikian kita tidak boleh lengah, karena hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata, dan dampaknya pun juga dapat merubah pola pikir masyarakat.

“Maka dari itu pihak Polres Bukittinggi berkeyakinan munculnya paham yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan itu dinilai cukup minim, namun akan selalu waspada, dengan mengoptimalkan peran seluruh jajaran dan kerjasama melalui seluruh pihak terkait,” tukasnya.

Baca Juga :  Pembakaran Limbah Berdampak, RSU Bukittinggi Diadukan Warga ke Dewan Saat Reses

[Adek]




Bagikan:
Tags: , ,



Berlangganan

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

banner 750x100


close