Prioritas Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan Kuncuran Dana APBD dan APBN (Pusat), 80 M

Prioritas Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan Kuncuran Dana APBD dan APBN (Pusat), 80 M

PALEMBAYAN, RedaksiSumbar. Com-Akses Jalan Palembayan, Kabupaten Agam, menjadi prioritas pembangunan nasional pada 2019. Pasalnya, akses tersebut merupakan jalan strategis penghubung dua jalur nasional dengan beberapa kabupaten di Sumatra Barat (Sumbar). (10/7)

Penegasan ini disampaikan Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Sumbar Fathol Bari, tidak lama ini. Akses jalan tersebut, jelasnya, merupakan akses terdekat Kota Bukittinggi menuju Kabupaten Agam dan Pasaman Barat atau sebaliknya.

Apalagi, sebelumnya Kemenko Maritim, Kementerian PU-Pera, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, beserta pemerintah kabupaten pada Desember 2018 meninjau ke sana lansung.

“Mudah-mudahan pengalokasian dari APBN dan APBD Provinsi akses jalan yang pusatnya di Palembayan ini bisa lebih cepat terealisasi. Mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan kawasan di sekitarnya, Nantiknya,”terangnya.

Jalan Provinsi Kecamatan Palembayan saat ini dalam pengerjaan perbaikan yakni,

“- Padang Koto Gadang- Palembayan, (8,30 Km).
– Palembayan- Simpang Patai, (8.00 Km).
– Palembayan- Matur, (7,50Km)”.

Jalur ini sangat bermamfaat dan penting sekali segera bisa tuntas keseluruhannya badan jalan di Kecamatan Palembayan ini, walaupun sekarang secara bertahap karna di pesitnya anggaran dari APBD Sumbar ini.

Dengan adanya kuncuran bantuan dana dari Pusat (APBN/APBD) pada tahun 2019 ini kita sangat berharap sekali di tahun kedepanya 2020 dan seterusnya bisa mendapatkan kembali anggaran perbaikan Jalan Provinsi yang belum tuntas nantiknya dalam perbaikan.

Organisasi Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP) Berharap sekali buat Masyarakat atau Pemuda setempat bisa bersama-sama menjaga infrastruktur yang sudah baik ini dan selalu berpartisipasi mengontrol, bekerja sama yang baik untuk kelancaraan pengerjaan jalan saat ini tampa ada halanggan dan kendala sedikit apa pun bagi pekerja jalan di lapanggan.

Dalam kontrol kita dari, “Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP)” dari hari Senin sampai Rabu, (10 Juli 2019) beberapa temuan kita di lapanggan pengerjaan jalan Provinsi di Kecamatan Palembayan ada beberapa Kontraktor pengerjaan, Jalur Palembayan – Padang Koto Gadang dan Palembayan – Palupuh, Simpang Patai masih tidak memasang Papan Plang Proyek di lokasi pengerjaan. Setelah kita Komfirmasi ke Pihak PU Sumbar (PPTK) Delvi, beliau menjawab dgn Pesan singkat melalui Whatsap rencana hari ini Rabu, 10 Juli 19 akan di pasang Papan Plang Proyek tersebut di lokasi,” Ungkapnya.

Untuk Pengerjaan Jalan Matur – Palembayan sudah ada terlihat Papan Plang Proyeknya beberapa minggu mulai pengerjaan ini.

Tidak itu juga dalam kontrolan kita di lapanggan kita juga menemui beberapa proyek Irigasi di Nagari-Nagari juga tidak ada memasang Papan Plang Proyek tersebut. Semoga dengan adanya informasi melalui media ini Pihak terkait bisa berkordinasi kelapangan,” Pungkas Ketum Gppkp.

Setiap proyek tanpa papan nama informasi proyek merupakan sebuah “pelanggaran” karena tidak sesuai dengan amanat Undang- Undang dan Peraturan lainnya.

Peraturan dimaksud yakni Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“(Proyek tanpa plang nama proyek), melanggar Peraturan Presiden dan Undang- Undang”.

Plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Dimana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak tender atau lelang proyek dilakukan termasuk tender proyek yang dilakukan di badan publik.

[Hakim]

Loading...