PT. AWL Satu-satunya PKS Terima Angkutan Buah Mobil Kecil Di Pasbar

PT. AWL Satu-satunya PKS Terima Angkutan Buah Mobil Kecil Di Pasbar
Tampak mobil L. 300 bermuatan TBS Kelapa Sawit menuju timbangan PKS PT. AWL. (poto istimewa)
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Agro Wiraligatsa (AWL) yang berada di Jorong Simpang Tiga Alin, Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar satu-satunya PKS yang menerima Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit masyarakat memakai angkutan mobil kecil.

Dari pantauan dilapangan, setiap hari mulai dari pagi hingga sore, selain mobil Truck dan Fuso juga banyak mobil kecil seperti Mitsubishi L. 300, Col.T, Daihatsu Taft serta Toyota Kijang masuk mengantar TBS Kelapa Sawit ke PKS AWL. Diperkirakan mobil kecil itu langsung dari kebun petani sawit tidak melalui toke atau agen.

Saat ditemui salah seorang sopir pengangkut TBS Kelapa Sawit yang memakai L. 300, Rahmad (34) mengatakan, TBS Kelapa sawit yang diangkut ini dari kebun pribadi di wilayah Sungai Aur.

“Inilah PKS satu-satunya yang mau terima langsung TBS Kelapa Sawit masyarakat pakai mobil kecil. Sehingga pemilik kebun bangga, karena harga lebih tinggi,” jelasnya.

Ditambahkan Nafri (32) sopir sekaligus pembeli TBS Kelapa Sawit, mengatakan di PKS AWL ini mobil apa saja masuk, baik yang besar maupun yang kecil. Sehingga masyarakat senang.

“Petani mengapresiasi apa yang dibuat oleh PKS PT. AWL, karena mempermudah masyarakat dalam menjual kelapa sawit. Tidak harus ke Toke tapi bisa langsung ke PKS,” ujar Nafri, Minggu (9/9/2018).

Pernah dikatakan Pj. Wali Nagari Persiapan Muara Kiawai Barat, Ferdinan, bahwa PKS PT. AWL memang hadir untuk masyarakat. Buktinya, mempermudah masyarakat dalam penjualan TBS Kelapa Sawit.

“Kalau punya mobil kecil, masyarakat tidak perlu lagi jual sawit ke Toke. Tapi, bisa langsung jual ke PKS PT. AWL. Ini adalah salah satu langkah baik dalam mencapai kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Dijelaskannya juga pada saat itu, harga TBS kelapa sawit sesuai harga yang tertera di kaca PKS PT. AWL tersebut. “Harga penjualan sangat jauh lebih tinggi dijual ke PKS dibandingkan dijual ke Toke atau Veron,” katanya saat itu.

Setelah dikonfirmasi Kepala Sortasi PKS PT. AWL, Regar, mengatakan PKS PT. AWL menerima TBS kelapa sawit masyarakat langsung. Baik pakai angkutan besar maupun kecil. Yang terpenting TBS kelapa sawitnya sesuai harapan PKS.

“Kita terima, karena tujuan kita hadir di Pasaman Barat ini untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya. (Red)




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...