PT. BTN Diduga Lakukan Pemupukan Kelapa Sawit Disepadan Sungai

PT. BTN Diduga Lakukan Pemupukan Kelapa Sawit Disepadan Sungai
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Bintara Tani Nusantara (BTN) Air Runding, Kabupaten Pasaman Barat diduga lakukan pemupukan kelapa sawit yang berjarak lebih kurang 2 meter dari bibir sungai.

“Iya benar, dari pantauan dilapangan memang ditemukan adanya pupuk disekitar kelapa sawit yang dekat dengan anak sungai. Pupuk itu bulat-bulat agak keabu-abuan dan kemerah-kemerahan,” terang Firda (36) salah seorang pengendara yang sedang melintas diwilayah tersebut, Selasa (12/3/2019).

Lebih dijelaskannya, saat melintas di lokasi pemupukan tersebut, memang ada ibuk-ibuk yang bekerja pupuk. Namun, saat itu kita tidak ada nanya apakah itu pupuk apa, tapi yang jelas itu pupuk yang baru dikeluarkan dari karung yang berwarna putih.

“Merk pupuk yang diserakkan dilokasi kelapa sawit itu tidak diketahui. Karena, kewenangan kita bertanya tidak ada,” ucapnya.

Setelah dikonfirmasi Manager Estate PT. BTN 1 dan 2, Agus dan Haryanto diruang kerja mereka mengatakan mungkin saja dilokasi tersebut ada pemupukan. Tapi yang jelas, memupuk disepadan sungai itu dilarang.

“Kita selalu larang karyawan melakukan pemupukan sampai ke pinggir sungaj. Karena, bisa merusak ekosistem yang ada disungai tersebut. Mungkin saja, karyawannya yang gak mengerti lokasi pemupukan,” cetusnya.

Terkait hal itu, Ketua LSM Pelindas Pasaman Barat, M. Bisri Batubara, menegaskan Management PT. BTN tidak boleh melakukan pemupukan disepadan sungai. Walaupun disana ada pokok kelapa sawit.

“Pimpinan PT. BTN harus tegas, karena kejadian seperti bisa berakibat patal terhadap ekosistem sungai yang ada disekitarnya. Apalagi, pupuk itu mengandung zat kimia yang membahayakan,” tegas Bisri Batubara.

(Tim RedaksiSumbar)




Bagikan:
Loading...