PTPN VI Ophir Diduga Abaikan Kewajiban | Redaksi Sumbar

PTPN VI Ophir Diduga Abaikan Kewajiban

PTPN VI Ophir Diduga Abaikan Kewajiban
Kantot PTPN VI Ophir di Pasaman Barat
Dibaca : 463 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Perusahaan Perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN VI Ophir, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat diduga abaikan kewajiban. Sejak tahun 2016 hingga sekarang ini program Corporate Sosial Responsibility (CSR) diduga nihil.

Persoalan CSR ini sudah menjadi buah bibir dikalangan masyarakat Pasaman Barat, terkhusus di Nagari Koto Baru. Pasalnya, Keberadaan PKS PTPN VI itu berada diwilayah itu.

Menurut salah seorang warga Nagari Koto Baru, Rahmadi (42) Sabtu (23/4/2017) mengatakan, Kepedulian PTPN VI terhadap kesejahteraan masyarakat sangat minim, malahan tidak sama sekali. Ini diduga menyalahi aturan yang ada.

“Sangat disayangkan perusahaan plat merah itu mengabaikan kewajibannya dalam hal keaejahteraan masyarakat. Padahal sudah diatur dalam undang-undang tentang CSR,” sebutnya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Pasaman Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Masri, belum lama ini mengatakan CSR itu sudah menjadi program kewajiban bagi perusahaan apalagi ini BUMN.

“PTPN VI tidak boleh mengabaikan kewajibannya dalam keaejahteraan masyarakat sekitarnya. Karena program CSR ini sudah diatur Undang-undang dan untuk Pasaman Barat sudah ada Peraturan Daerahnya (Perda),”jelas Masri.

Ditegaskan Masri, kita akan undang perusahaan plat merah itu ke DPRD untuk kejelasan terkait tidak adanya program CSR yang disalurkan pada tahun 2016 dan 2017 ini.

“Surat akan dilayangkan ke PTPN VI dalam waktu dekat ini, karena kita tidak mau warga kita diabaikannya demi meraup kuntungan lebih besar bagi perusahaan itu,” tegas Masri.

Sementara itu, Staf Management PTPN VI Ophir, Sumardi, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa PTPN VI tidak ada menyalurkan program CSR di tahun 2016. Karena, perusahaan dalam keadaan rugi.

Baca Juga :  PT. AAI Pasaman Barat Diduga Langgar Kesepakatan

“Betul, kita tidak ada menyalurkan program sosial atau CSR terhadap masyarakat sekitar,” ungkapnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close