Puluhan Ribu Lobster Selundupan Dilepas

Puluhan Ribu Lobster Selundupan Dilepas
Lobster hasil sitaan petugas gabungan yang siap dilepas kembali ke lautan. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Petugas gabungan dari kepolisian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia serta Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Pekanbaru, Riau melepas 37.730 ekor lobster hasil selundupan yang berhasil diamankan Polsek Indragiri Hilir (Inhil) di Perairan Tembilahan, Riau beberapa waktu lalu.

Penyidik Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Pekanbaru, Bahtiar Deni Mengatakan sebanyak 37.730 ekor lobster hidup dengan ukuran sedang dilepaskan di Perairan Pulau Pandan Kota Padang, Sumatera Barat.

“Kita melepaskan 37.730 ekor Lobster hasil sitaan penyelundupan agar sumber daya Lobster tidak punah,” jelasnya.

Deni menjelaskan penyitaan lobster merupakan keseriusan pemerintah dalam menjaga kelestarian sumber daya perikanan, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa keberadaan dan ketersediaan lobster telah mengalami penurunan populasi, sehingga perlu dilakukan pembatasan penangkapan terhadap hewan berbuku-buku tersebut.

“Kita perlu lakukan pembatasan penangkapan lobster, karena populasinya yang terus mengalami penurunan setiap tahunya,” ucapnya.

Penyitaan tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan /PERMEN-KP NI/2016, undang-undang Perikanan dan Karantina nomor 45 tahun 2009 serta undang-undang 16 tahun 1992 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan.

Dalam pelepasan tersebut dihadiri oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaui unit kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dan perwakilan penyidik Polres Inhil, serta Penyidik Stasiun Perwakilan Ikan Pengadilan Mutu dan Keamanan hasil Perikanan Pekanbaru. [IIK]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...