RBH Kecam Tindakan Manajer dan Sekuriti Juliet Pub | Redaksi Sumbar

RBH Kecam Tindakan Manajer dan Sekuriti Juliet Pub

RBH Kecam Tindakan Manajer dan Sekuriti Juliet Pub Dibaca : 688 Kali
Bagikan:

PADANG, RedaksiSumbar.com – Rumah Bantuan Hukum (RBH) di Padang, Sumatera Barat mengecam keras tindakan Manager dan Security Juliet Pub dan Karaoke di Padang, Jumat dini hari (24/3/2017) yang melakukan tindakan pengancaman terhadap Wartawan. Tindakan ini sudah melanggar undang-undang Pers.

“Tindakan pengancaman yang dilakukan Manager dan Sekuriti Pub dan Karaoke Juliet terhadap Wartawan tersebut sangat mengganggu kebebebasan pers sebagai pencari informasi,” kata Sahnan Sahuri Siregar, Sabtu (25/3/2017).

Menurut Sahnan, pelaku pengancaman itu harus dijerat dengan Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 Pasal 18 ayat (1) yaitu setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

” Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi diatur pada Pasal 4 ayat (3) UU Pers, juga dibagian lainnya dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapat perlindungan hukum yang diatur pada Pasal 8 UU Pers,” kata Sahnan sesuai yang tertulis dalam buku UU Pers.

Kata Sahnan melanjutkan, Dewan Pers harus mengambil sikap tegas tekait pengancaman wartawan di Padang, Sumatera Barat ini.

“Bagaimanapun ini ancaman terhadap kebebasan berekspresi. Sekaligus ancaman serius terhadap demokrasi,” tegas Sahnan.

Selain itu, diminta kepada penegak hukum di negeri ini agar memproses pelaku pengancaman terhadap wartawan sesuai hukum yang berlaku.

“Pihak hukum diminta jangan melalaikan laporan dari pada wartawan tersebut. Karena, ini jelas melanggar UU Pers,” pinta Sahnan lebih tegas. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Baca Juga :  Ketua P2TP2A Kota Padang, Harneli Mahyeldi Tegur Langsung Juliet Pub
Tags: , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close