Realisasi PAD Pariwisata Bukittinggi Melebihi Target | Redaksi Sumbar

Realisasi PAD Pariwisata Bukittinggi Melebihi Target

Realisasi PAD Pariwisata Bukittinggi Melebihi Target Dibaca : 358 Kali
Bagikan:

Bukittinggi, RedaksiSumbar.com —Selama tahun 2016 Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi berhasil melebihi realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bukittinggi sebesar 109,9 persen dari target yang ditetapkan.

Adapun target PAD sebesar Rp10,08 miliar dengan berhasil melampaui target sebesar Rp11,08 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi, Melfi Abra menyebutkan penyumbang terbesar berasal dari objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) sebesar Rp7,5 miliar dan Taman Panorama dan Lubang Jepang sebesar Rp3,02 miliar.

“Selanjutnya objek wisata Aquarium dan Rumah Adat Baanjuang yang sama-sama berada di dalam kawasan TMSBK dengan realisasi masing-masing sebesar Rp202 juta dan Rp95 juta, “ tambah Melfi.

Pada 2017 pemerintah Bukittinggi menaikkan target PAD dari pendapatan retribusi daerah di bidang pariwisata menjadi sebesar Rp12 miliar.

“Melihat kecenderungan kunjungan wisatawan selama 2016, kami optimistis target tersebut dapat dicapai. Hal itu juga akan didukung pembenahan-pembenahan di objek wisata dan kegiatan lain yang akan dilakukan untuk mengundang wisatawan berkunjung,” jelasnya.

Di samping itu sejak Januari 2017 pemerintah telah menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2016 tentang retribusi masuk objek wisata untuk mendukung capaian target tersebut.

“Di tahun 2016, perda itu baru diterapkan sejak Agustus dan target tercapai. Sementara tahun ini perda sudah diterapkan sejak awal tahun jadi kami optimistis target PAD dapat tercapai di 2017,” ujarnya. (Adek) 

Bagikan:
Baca Juga :  Walikota Tinjau Lokasi Kebakaran Ladang Cakiah Bukittinggi
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close