Revolusi Industri 4.0 Ubah Gaya Transaksi Masyarakat

Revolusi Industri 4.0 Ubah Gaya Transaksi Masyarakat
Ilustrasi. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Tren pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia mengalami perubahan drastis sejak dikenalnya revolusi industri 4.0. Saat ini Indonesia memiliki sekitar 93,4 jutapengguna internet dan 71 juta pengguna gawai dan menjadikan transaksi dalam jaringan (daring) sebagai bagian dari gaya hidup.

“Digitalisasi bidang ekonomi menyongsong era revolusi industri 4.0 perlu disikapi dengan cerdas agar tidak merugikan konsumen maupun pelaku usaha melalui transformasi instrumen perlindungan konsumen ke dalam konsep kekinian,” kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Sri Agustina, Senin 23 April 2018 saat menjadi pembicara dalam seminar perlindungan konsumen di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Srie menyebut, kemudahan transaksi daring akan menguntungkan konsumen karena dapat diakses hingga lintas negara dan membuat pilihan konsumen terhadap produk menjadi semakin bervariasi. Namun di sisi lain, terjadi perluasan ketidakseimbangan (asimetri) informasi antara konsumen dan produsen dapat menimbulkan dampak negatif bagi konsumen.

“Pemerintah perlu melindungi hak konsumen agar tetap merasa aman dan diuntungkan dalam melakukan transaksi secara elektronik. Pemerintah akan tetap mewajibkan untuk mengutamakan penggunaan produk buatan anak negeri,” sebutnya. [ADL]

 

Sumber : kemendag.go.id




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...