Ribuan Miras Disita Dari 3 Mobil Box di Solok

Ribuan Miras Disita Dari 3 Mobil Box di Solok
Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan memperlihatkan puluhan jerigen tuak dan ratusan botol miras yang diamankan. (Dok: Polres Solok Kota)
Bagikan:




SOLOK, RedaksiSumbar.com – Polres Solok Kota berhasil menyita sebanyak 1.007 liter minuman keras (miras) jenis tuak siap edar dan 1.632 miras berbagai jenis dari tiga mobil box jenis Mitsubishi di dua lokasi berbeda.

Dua mobil pertama yang membawa puluhan dus bir hitam diamankan pertama kali oleh petugas di Gang Sirsak Pandan Baru Kelurahan Pasar Pandan Air Mati Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Sumatera Barat.

Disana tim pimpinan KBO Satuan Sabhara Ipda Tanjung menyita 63 dus bir hitam dengan total 1.512 botol bir dari dua mobil box nomor polisi (nopol) BA 9242 A0 dan BA 9980 PG di gudang milik Edi Junaidi.

“Tidak lama kemudian, polisi kembali mendapatkan laporan bahwa ada satu unit mobil Mitsubishi L 300 nopol BA 8014 MN yang dikendarain Marjani Manalu, 28 dimana mobil terebut membawa 30 jerigen tuak di Simpang Sumani, Kabupaten Solok,” papar Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan, Rabu, 25 April 2018.

Penyitaan sejumlah miras yang dijual bebas dan dilarang di Kota Solok sesuai dengan perintah Wakapolri Komjen Syaffruddin yang tidak ingin korban jiwa kembali berjatuhan akibat miras seperti yang terjadi di Jawa Barat dan DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

“Selain itu kami ingin menyambut bulan Ramadhan 1439 Hijiriyah tanpa adanya penyakit masyarakat (pekat) yang merajalela, salah satunya peredaran miras sesuai dengan peraturan daerah (perda) Kota Solok nomor 8 tahun 2016 tentang pencegahan dan pemberantasan pekat,” ulasnya.

Minuman beralkohol dikategorikan ke dalam tiga golongan. Golongan A adalah minuman beralkohol dengan kadar ethanol (C2H5oH) di antara 1-5 persen, golongan B di atas 5 hingga 20 persen dan golongan yang berada di angka 20 persen ke atas. [ADL]




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...