Riki Gusmaidi, Wasit dan Pesilat Berprestasi Sumbar | Redaksi Sumbar

Riki Gusmaidi, Wasit dan Pesilat Berprestasi Sumbar

Riki Gusmaidi, Wasit dan Pesilat Berprestasi Sumbar Dibaca : 655 Kali
Bagikan:




Padang, RedaksiSumbar com–Siapa sangka, pria yang bernama Riki Gusmaidi ini, bertugas sebagai abdi negara di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang adalah seorang wasit dan pesilat berprestasi kebanggaan Sumatera Barat.

Riki, begitu panggilan akrabnya, kelahiran 1986, menuturkan perjalanan menjadi seorang wasit yang bersitifikasi nasional untuk pertandingan silat bukanlah didapatnya dengan mudah. Ia menceritakan ini berawal dari bakat yang ada dalam dirinya yang mengalir dari sang ayah. Orang tuanya juga seorang pandeka silek yang berasal dari Ujung Timur Kota Padang.

“Waktu itu umur saya baru sepuluh tahun, orang tua saya sudah mengajari saya silat. Bahkan ia memasukkan saya pada sebuah perguruan Silat Pauh. Mulai saat itulah saya mencintai olah raga bela diri ini.

Beberapa tahun kemudian, cita-cita masa kecil untuk jadi seorang pesilat akhirnya tersalurkan berkad kehadiran seorang guru silat bernama Yaldi. Yaldi kemudian memperkenalkan pencak silat nasional pada Riki melalui Perguruan Silat Sakato Binaan PT Semen Padang yang dilatihnya.

“Awalnya kami latihan hanya di rumah saja, di Kelurahan Baringin Kecamatan Lubuk Kilangan. Tapi saya melihat bakat yang begitu besar, lalu saya membawa Riki untuk latihan di Perguruan Silat Sakato pada tahun 2001,” kenang Yaldi, guru silatnya itu.

Tak butuh waktu lama untuk latihan Riki berhasil meraih juara satu dalam kejuaraan Silat Semen Padang terbuka pada tahun 2001 itu. Hal ini membuat Riki semakin semangat untuk menjadi seorang pesilat sejati hingga sekarang.

Lebih lanjut Riki bercerita pada tim Redaksi Sumbar.com tentang pengalamannya di dunia persilatan. Dia tidak hanya mengikuti kejuaraan yang ada di Sumatera Barat, dia juga telah melalang buana di berbagai kejuaraan nasional. Seperti prestasi di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah di Pekan Baru, disana ia berhasil menyumbangkan medali emas untuk Sumatera Barat, sehingga otomatis mewakili Sumbar untuk Pekan olahraga Pelajar Nasional di Palembang pada tahun 2002. Namun sayang harapanya sempat dikandaskan pesilat tuan rumah di partai final, dan menyumbangkan medali perak untuk Sumatera Barat.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Natal, Wakil Gubernur Sumbar Tinjau Langsung ke Gereja

Dengan segudang pengalaman pertandingan yang telah di miliki Riki, kini dia dipercaya menjadi wasit/juri silat tingkat Nasional. Sebagai sosok pemuda yang aktif, ia juga diamanahkan sebagai Ketua Forum Nagari Kelurahan Baringin Kecamatan Lubuk Kilangan dimana ia dilahirkan dan dibesarkan.

Sebagai seorang wasit/juri silat,  Riki Gusmaidi telah acap kali memimpin pertandingan di Sumatera Barat ini, seperti pada Pekan Olah Raga Provinsi Sumbar yang di selengarakan Kabupaten Dhamasraya tahun 2014 lalu dan pada porprov ke-XIV di Kota Padang tahun 2016 baru-baru ini.

Tokoh Muda di Lubuk Kilangan ini berharap semoga kedepan para pesilat Sumbar terus berjaya di pentas Nasional dan Internasional. (ijl)

Bagikan:
Tags: , ,



No Responses

banner 750x100