Rutan Cabang Talu Disidak Kapolres Pasbar | Redaksi Sumbar

Rutan Cabang Talu Disidak Kapolres Pasbar

Rutan Cabang Talu Disidak Kapolres Pasbar
Kapolres Pasbar AKBP Iman Pribadi Santoso, S.Ik didampingi Kepala Rutan Cabang Talu, Nofrizal saat sidak di Rutan Cabang Talu
Dibaca : 705 Kali
Bagikan:

PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Talu, Pasaman Barat disidak Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso, S.Ik didampingi Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Talamau dan Kepala Cabang Rutan Talu Nofrizal, Senin (15/5/2017).

Insfeksi Mendadak (Sidak) ini dilakukan dalam rangka mengecek keadaan Ruangan dan Napi yang ada di Cabang Rumah Tahanan (Rutan) Talu, Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam pengecekan Kapolres pasbar didampingi anggota Polres dan Polsek Talamau serta Anggota Koramil Kecamatan Talamau juga memeriksa dan menggeledah ruangan para narapidana dalam mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang ke dalam Rutan serta kemungkinan lain yang menjadi kerawanan di dalam Rutan.

“Ini langkah kita dalam mengantisipasi peredaran narkoba didalam Rutan, semua kita periksa baik itu tas atau bantal para tahanan. Kita tidak mau ada peredaran narkoba di dalam Rutan,” ungkap Kapolres Pasbar, AKBP Iman Pribadi Santoso,S.Ik melalui Kasubag Humas Polres Pasbar, AKP Muzhendra, S.H, Rabu (17/5/2017) di Simpang Empat.

Berdasarkan data kata Kapolres melalui Muzhendra, selain memeriksa kerawanan peredaran narkoba di Rutan Talu, Kapolres juga melihat kondisi tahan yang katanya sudah over kapasitas.

“Penghuni Rutan Cabang Talu saat ini sebanyak 130 orang yang terdiri dari 72 Tahanan, 58 Napi. Sementara daya tampung Rutan Cabang Talu sebanyak 48 orang, tentu ini sudah over sebanyak 82 orang, ini harus menjadi perhatian pemerintah pusat,” kata Iman Pribadi Santoso melaluii Muzhendra.

Selama sidak di Rutan Cabang Talu, tidak ada ditemukan adanya Narkoba jenis apapun melainkan ditemukannya satu buah gunting salah diruang tahanan.

“Kita akan selalu koordinasi dengan pihak Rutan Cabang Talu, demi mengawasi terjadinya peredaran narkoba di dalam Rutan. Apalagi sekarang ini kita sudah sering memdengar adanya peredaran narkoba di Rutan ataupun di Lapas yang ada di Indonesia ini,” sebut Muzhendra.

Baca Juga :  Barang Bekas Rehap Gedung Kesehatan Pasbar Tidak Boleh Dibuang

Setelah dikonfirmasi Kepala Rutan Cabang Talu, Pasaman Barat, Nofrizal, membenarkan adanya Sidak Kapolres Pasaman Barat ke Rutan Cabang Talu, Senin (15/5/2017) sekitar pukul 12.00 Wib siang.

“Sidak itu dalam rangka mengawasi peredaran narkoba dan juga senjata tajam serta melihat kondisi kapasitas Rutan Cabang Talu. Memang diakui Kapasitas Rutan Cabang Talu sudah over,” kata Nofrizal.

Dijelaskan Nofrizal, Rutan Cabang Talu sudah melakukan upaya pengiriman tahanan ke Rutan Lubuk Sikaping, agar over Rutan talu berkurang.

“Selain melakukan upaya pengiriman tahanan ke Rutan Lubuk Sikaping juga sudah dilakukan pengususulan bangunan ke Pemerintah Pusat atau ke Kemenkumham RI dan juga diharapkan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat ikut membantu,” harapnya. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags:
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close