Sampoerna dan ACT Tanam 2.000 Bibit di Bukittinggi | Redaksi Sumbar

Sampoerna dan ACT Tanam 2.000 Bibit di Bukittinggi

Sampoerna dan ACT Tanam 2.000 Bibit di Bukittinggi Dibaca : 445 Kali
Bagikan:




Bukittinggi, RedaksiSumbar.com – Sebagai Kota destinasi wisata, Bukittinggi menyimpan potensi ekonomi hebat dan sekaligus potensi bencana berskala massif, diantaranya berupa Gempa Darat akibat Patahan Semangko dan juga tanah longsor. Untuk membangun kesiapsiagaan bencana tersebut, PT HM Sampoerna Tbk dengan bendera ‘Sampoerna untuk Indonesia’, bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar Program Disaster Emergency Response Command System and Tree Planting.

Setelah sukses dengan pelaksanaan Pelatihan dan Workshop Sistem Komando Tanggap Darurat (SKTD), pada 16-18 Januari 2017, yang bertempat di Aula Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Bukittinggi, pada hari Sabtu ini (21/1), Sampoerna dan ACT menggelar seremonial penanaman 2000 bibit pohon di Bukittinggi. Lokasi seremonial bertempat di daerah Janjang Seribu Ngarai Sianok.

“Bagi PT HM Sampoerna Tbk, program ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab social perusahaan. Selain pelatihan SKTD yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, hari ini kami menanam 2.000 bibit di Bukittinggi. Hal ini wujud kontribusi kami dalam membangun Bukittinggi yang lebih baik,” ujar Ervin Pakpahan, Head of Regional Relation, CSR & Stakeholders Relation PT HM Sampoerna Tbk.

“Bukitinggi memiliki sejumlah potensi bencana, salah satunya adalah tanah longsor. Itu mengapa diantara bagian dari program yang kami lakukan di Bukittinggi adalah penanaman bibit pohon. Sebagai upaya mitigasi bencana. Penanaman pohon ini juga upaya untuk menjaga ketersediaan air tanah, sehingga di masa depan Bukittinggi terhindar dari masalah air bersih yang layak konsumsi. Total ada 2.000 bibit pohon yang kami tanam di Bukittinggi, yang terbagi dari dua jenis, tanaman kayu dan tanaman buah,” papar Syuhelmaidi Syukur, Senior Vice President ACT.

Apresiasi positif disampaikan oleh H. Irwandi, S.H, Wakil Walikota Bukittinggi, di sela-sela seremonial ini. “Saya mewakili Pemerintah Kota Bukittinggi, menyampaikan apresiasi kepada PT HM Sampoerna dan ACT, atas pelaksanaan program ini, terlebih Bukittinggi mendapat kehormatan untuk mengawali rangkaian roadshow program 6 Kota ini. Program ini sangat kami butuhkan untuk membangun kesiapsiagaan bencana di Bukittinggi,” ungkap Irwandi.

Baca Juga :  Pemkab Solok Selatan Salurkan Bantuan Bencana Limapuluh Kota

Sebagai Informasi, program di Bukittinggi ini merupakan rangkaian pertama dari roadshow 6 Kota di Pulau Sumatera dari Program Disaster Emergency Response Command System and Tree Planting. Setelah Bukittinggi, program ini akan berlanjut di Kota Bengkulu, Kota Banda Aceh, Kota Palembang, Kota Pekanbaru, dan terakhir Kota Pangkalpinang.

Selain penanaman pohon, juga dilakukan pendistribusian 40 bak sampah di sejumlah wilayah di Bukittinggi. Untuk penanaman Pohon dilakukan di 3 Titik: Ngarai Sianok, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), dan di Perbatasan Bukittinggi-Agam (Desa Taluak dan Desa Kubang Putih). Adapun Bak Sampah, didistribusikan di beberapa lokasi di pusat kota Bukittinggi.

[Adek]

 

Bagikan:
Tags: , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close