Sekolah Lapang Iklim Perkuat Ketahanan Pangan

Sekolah Lapang Iklim Perkuat Ketahanan Pangan
Bagikan:




PADANG, RedaksiSumbar.com – Untuk menjembatani peningkatan pemahaman mengenai informasi iklim bagi para petugas di lingkungan Dinas Pertainan Daerah, Penyuluh dan petani yang tersebar di seluruh Nusantara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggagas sebuah gerakan yang dinamakan Sekolah Lapang Iklim (SLI).

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Pusat, Indra Gustari mengatakan, manfaat yang akan dirasakan oleh petugas Dinas Pertanian Daerah, penyuluh dan petani yang mengikuti Sekolah Lapan Iklim adalah dapat memahami dan memanfaatkan informasi iklim secara efektif dalam mendukung pertanian.

“SLI menjadi wahana untuk menyesuaikan produk informasi iklim dengan kebutuhan penggunanya, katanya saat ditemui di Padang, Selasa, 27 Maret 2018 yang didampingi Kepala BMKG Kelas 1 Padang Panjang, Rahmat Triyono dan Kepala Stasiun Klimatologi Padang Pariaman, Heron Tarigan.

Sekolah Lapang Iklim ini sebutnya telah diselenggarakan BMKG sejak tahun 2011 hingga sampai saat ini. Kini 33 provinsi yang mengikuti Sekolah Lapang Iklim telah merasakan manfaat manis dari kegiatan yang difasilitasi oleh Badan Penyuluh Pertanian dan Prakirawan Iklim dari BMKG tersebut. Rata-rata, produksi panen dapat meningkat 20 hingga 30 persen.

“Secara tradisional, kegiatan ekonomi produktif petani dapat dikaitkan dengan lahan tempat melakukan kegiatan, pupuk untuk kesuburan, benih tanaman untuk produksi dan terakhir irigasi untuk kebutuhan pasokan airnya,” paparnya.

Kepastian perubahan dan variasi iklim memastikan petani pada keharusan untuk memahami gejalanya.

Untuk itu, Penyuluh pertanian mempunyai peran penting dalam menerjemahkan data tersebut menjadi informasi iklim yang berguna dan bermafaat bagi para petani untuk memutuskan jenis komoditas dan waktu tanamnya. [Red]




Bagikan:
Topik: , , ,
Loading...