Sempat Heboh, Bocah Penderita Kebutaan dan Tumor Otak Banjir Bantuan

Sempat Heboh, Bocah Penderita Kebutaan dan Tumor Otak Banjir Bantuan
Sifa saat melakukan pemeriksaan mata di RSAM Bukittinggi (IST)
Bagikan:




TANAH DATAR, RedaksiSumbar.com – Nasib malang harus menimpa Syaidah Fajrah (8). Dirinya harus menerima kenyataan pahit setelah divonis penyakit tumor otak. Kesedihan ini bertambah lengkap lantaran dirinya sudah mengalami kebutaan.

Bocah kelas dua Sekolah Dasar (SD) ini merupakan putri kedua dari pasangan petani, Afriyon dan Deswita. Mereka tinggal di sebuah rumah sederhana di Simawang, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Beban mereka sedikit berkurang setelah Ketua Perantau Simawang Saiyo, M Nur Idris datang dan mengantarkan langsung Sifa ke Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang, Sumbar.

“Sebelum pemeriksaan di RSAM Bukittinggi, kami juga bersyukur atas uluran tangan yang diberikan dermawan yang peduli untuk Sifa. Begitupun atas perhatian dari pemerintah setempat, ini sangat membantu kami dalam persoalan biaya pengobatan Sifa,” kata Afriyon.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma yang mengetahui kejadian tersebut mengatakan, persoalan yang dialami keluarga Sifa butuh bantuan semua pihak. Karena itu untuk menyelesaikannya Pemda juga akan duduk bersama membicarakan persoalan Sifa ini.

“Saat ini kita dalam proses pengurusan biaya pengobatan Sifa melalui Jamkesda. Kita juga akan berusaha mencarikan biaya tambahan diluar tanggungan BPJS, jika nanti dilakukan operasi untuk penyembuhan anak kita ini,” ujar Wabup.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar disebutkannya akan melakukan usaha semaksimal mungkin untuk penyembuhan Sifa.

“Setidaknya untuk pengobatan anak kita ini akan membutuhkan biaya sebesar Rp 150 juta mungkin juga lebih, tentulah biaya itu tidak akan ditanggung penuh oleh BPJS, untuk itu kita dari Pemkab juga akan mencarikan solusi yang terbaik bagi kesembuhan anak kita ini,” ucap Zuldafri.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Tanah Datar Ermon mengatakan, pihaknya kembali akan melakukan perujukan terhadap Sifa. “Yang kita tahu untuk saat ini Sifa mengalami tumor pada otaknya sehingga menimbulkan kebutaan mendadak. Namun, ini juga perlu kita cari tahu, apa penyebabnya,” jelas Ermon.

Jika nanti penyebab pasti penyakit yang diderita Sifa ini terang mantan Kepala RSUD Hanafiah Batusangkar tersebut, Sifa akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang untuk dioperasi.

“Jadi sementara BPJS Sifa diurus, untuk biaya pengobatan akan dibantu oleh BAZNAS Tanah Datar, baik biaya pengobatan alternatif, maupun pengobatan secara medis, serta seluruh biaya yang dikeluarkan oleh pihak keluarga selama pengobatan,” sebut Ermon. [REY]

Bagikan:
Tags: , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.