Simulasi TBBM Teluk Kabung Uji Kesiapan Tanggap Darurat

Simulasi TBBM Teluk Kabung Uji Kesiapan Tanggap Darurat
Petugas melakukan pemadaman di salah satu tangki yang terbakar. (Istimewa)
Bagikan:




PADANG – Sebagai bentuk penerapan budaya Safety dalam aspek HSSE (Health, Safety, Security & Environment), Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I menyelenggarakan latihan penanganan Keadaan Darurat di Terminal BBM Teluk Kabung (11/7). Simulasi Operasi Keadaan Darurat (OKD) merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Pertamina.

Operation Head Terminal BBM Teluk Kabung Anas Hasan memimpin langsung kegiatan simulasi keadaan darurat tersebut. Selain sebagai upaya pencegahan terhadap kedaan darurat, latihan ini juga berfungsi untuk melatih para pekerja dan petugas HSSE di Pertamina MOR I untuk selalu waspada terhadap segala bentuk bahaya atau resiko yang mengancam operasional perusahaan.

“Melalui kegiatan simulasi OKD ini, kami harap dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan seluruh pekerja apabila terjadi suatu bencana,” ujar Anas.

Anas mengungkapkan Terminal BBM Teluk Kabung juga bekerjasama dengan beberapa instansi setempat untuk mendukung skenario simulasi tersebut.

“Kami juga bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Puskesmas Teluk Kabung, dan Polres Teluk Kabung supaya kegiatan simulasi berjalan dengan baik,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai perusahaan yang memiliki resiko bahaya operasional yang besar, Pertamina rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan penanggulangan darurat sebagai upaya antisipasi segala bentuk bahaya tersebut.

“Di setiap unit bisnis baik Terminal BBM, SPBBE (LPG), Depot Pengisian Pesawat Udara hingga kantor Pertamina MOR I kami memiliki berbagai fasilitas penanggulangan resiko bahaya dan para pekerja HSSE yang siap mencegah maupun menanggulangi segala resiko bahaya,” tutup Anas.




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...