Solok Selatan Peroleh 331 Unit Bedah Rumah | Redaksi Sumbar

Solok Selatan Peroleh 331 Unit Bedah Rumah

Solok Selatan Peroleh 331 Unit Bedah Rumah Dibaca : 393 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada tahun 2017 ini dapatkan bantuan bedah rumah sebanyak 331 unit. Bantuan ini untuk rumah tak layak huni bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Dari 331 unit bantuan bedah rumah tersebut rinciannya, 222 unit oleh pemerintah pusat, 70 unit berasal dari DPRD Provinsi Sumatera Barat dan 39 unit dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa/Nagari Solok Selatan.

Plt. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Solok Selatan, Jon Kafi mengatakan, 222 unit bantuan pemerintah pusat merupakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dalam progam Sejuta Rumah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan (Kemen-PUPR)

“Oleh Pemerintah Pusat wilayah penerima bantuan ini ditujukan untuk dua Kecamatan yaitu Kecamatan Sangir Jujuan dan Kecamatan Pauh Duo,” katanya.

Menurut dia, masyarakat juga bisa berharap 70 unit bantuan bedah rumah oleh DPRD Provinsi Sumatera Barat. Bantuan melalui dana pokok pikiran DPRD Provinsi itu akan disebar di tujuh kecamatan di Solok Selatan.

“Sebetulnya bantuan oleh DPRD Sumatera Barat merupakan program tahun lalu yang tidak terlaksana. Maka pada tahun ini akan direalisasikan. Karena, pada tahun 2016 lalu terjadi kesalahan rekening dan juga rentan waktu yang sempit sehingga pelaksanaannya batal,” kata dia.

Untuk bantuan dari pokok pikiran dewan tersebut, jelas Jon Kafi, pihaknya sedang mempersiapkan peraturan Bupati sebagai salah satu persyaratan.

“Warga yang menerima bantuan ini diusulkan oleh nagari, kita akan memverifikasi guna memastikan penerima yang diusulkan merupakan orang yang berhak. Kita tidak tahu apakah warga yang telah diusulkan ini merupakan warga yang mampu atau tidak. Kemudian penerima yang diusulkan sudah melebihi kuota bantuan, makanya kita lakukan verifikasi dulu,” jelasnya.

Baca Juga :  128 PTT Tenaga Kesehatan Solok Selatan Lulus CPNS Pusat

Meskipun banyak bantuan bedah rumah dari pemerintah pusat dan Pemprov, Pemerintah Daerah Solok Selatan juga memprogramkan bantuan bedah sebanyak 39 unit bantuan melalui Dinas Sosial setempat.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa/Nagari Solok Selatan, Basrial menyebutkan 39 unit bantuan bedah rumah tersebut rinciannya satu rumah untuk satu nagari. Jadi seluruh nagari yang ada di Solok Selatan mendapatkan program bantuan ini.

“Sebagai informasi bagi masyarakat, jika ada masyarakat yang memang layak mendapatkan bantuan ini silahkan mendaftar ke pemerintahan nagari masing-masing,” katanya. [Dicky]

Bagikan:
Tags: , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close