Stok Melimpah, Harga Sembako Jelang Ramadhan Di Agam Stabil | Redaksi Sumbar

Stok Melimpah, Harga Sembako Jelang Ramadhan Di Agam Stabil

Stok Melimpah, Harga Sembako Jelang Ramadhan Di Agam Stabil Dibaca : 195 Kali
Bagikan:

AGAM, RedaksiSumbar.com – Menjelang Ramadhan 1438 hijriyah, harga sebagian barang sembilan bahan pokok (sembako) di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Agam, relatif normal.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Agam, Aryati menyebut pasokan dan distribusi sembako lancar dan tidak terkendala.

“Sepekan menjelang bulan ramadhan, dipastikan seluruh harga sembako masih normal,” tegas Aryati usai menggelar Rapat Koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dirincikannya, harga beras lokal masih sekitar Rp 12.000 perkilo, gula pasir Rp 13.000 perkilo, minyak goreng curah Rp13.000 perkilo, daging sapi Rp 120.000 perkilo, telur ayam ras juga tidak mengalami kenaikan, masih seharga Rp 38.000 perkilo atau setara Rp 2.000 perbutir.

Lalu, cabe merah Rp 50.000 perkilo, ikan laut berkisar Rp 28.000 perkilo. Sementara, dalam sepekan terakhir, harga cabe rawit turun dari harga Rp 40.000 menjadi Rp 20.000 sekilo. Penurunan harga juga diikuti oleh daun bawang dari harga Rp 10.000 seikat menjadi Rp 8.000 seikat. Hanya saja, untuk bawang putih yang sebelumnya dijual Rp 32.000 perkilo mengalami kenaikan menjadi Rp 50.000 perkilo.

“Kita pastikan harga sembako dan harga lainnya juga akan normal dan stok selalu ada sampai menjelang Idul Fitri nanti,” tegas Aryati.

Selain pasokan barang yang lancar, menurut Aryati, stabilnya harga sembako juga didukung oleh sebagian masyarakat yang mulai sadar dan memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami sayur-mayur, buah -buahan, bumbu dapur, serta rempah-rempah untuk menutupi kebutuhan sendiri.

“Selama ramadhan kita akan melakukan pemantauan ke setiap pasar guna menjaga kestabilan harga sembako,” ungkap mantan Camat Palembayan ini.

Selain itu, program swasembada pangan berupa beras dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif, juga menjadi salah satu penyebab stabilnya harga sebagian barang sembako di Agam.

Baca Juga :  Bocah Asal Depok Ditemukan Terdampar di Sebuah Kano, Kini Sudah Dipertemukan dengan Keluarganya

“Dengan meningkatkan program swasembada pangan oleh pemkab Agam, terus mempu mempertahankan kestabilan harga sembako di pasar,” harapnya.[Loni Hendri]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close