Sungai Pinang Tarusan Simpan Potensi Bahari yang Tersembunyi | Redaksi Sumbar

Sungai Pinang Tarusan Simpan Potensi Bahari yang Tersembunyi

Sungai Pinang Tarusan Simpan Potensi Bahari yang Tersembunyi Dibaca : 507 Kali
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com- Menjadi nelayan adalah salah mata pencaharian warga di Kampung Pisang, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Keberadaan sumber daya alam (SDA) berupa ikan yang berada di sepanjang pantai sungai pisang menjadi sumber ekomomi pokok nelayan tradisional di sana.

Kampung Pisang, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatasan langsung dengan Kota Padang, mempunyai potensi sumber daya alam, serta wisata yang jika dikelola dengan profesional menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Sumatera Barat.

Ayun (35), salah seorang nelayan tradisional setempat mengatakan, bersama nelayan lainnya ia melaut untuk menangkap ikan sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat di Kampung Sungai Pisang.

“Kita turun bersama-sama, memukek menggunakan kapal tradisional,” ujar Ayun, Kamis (2/2/’17).

Ia menambahkan,  jika sedang beruntung, ia dan rekan-rekan nelayan lainnya bisa membawa pulang Rp 150 hingga Rp 200 ribu perhari. Ini bisa membantu biaya hidup keluarganya di rumah. Kadang ia dibantu anaknya mengangkat hasil tangkapan ikan dari tengah laut.

Wali Nagari Sungai Pinang, Azli Bagindo Alam mengatakan, mayoritas masyarakat di Kampung Sungai Pisang ini sebagai nelayan, dan berladang. Sungai Pisang adalah kampung yang berada diantara perbatasan Kota Padang -Kabupaten Pessel.

“Kita bersama warga berharap pembangunan jalan yang menghubungkan Pessel – Padang (Sungai Pisang, Mandeh-Red) bisa di lanjutkan agar ekonomi masyarakat disini bisa menjadi lebih baik,” ujarnya.

Azril menuturkan, Sungai Pinang mempunyai potensi bahari laut yang sangat kaya, mulai dari ikan serta biota laut lainnya. Termasuk lokasi wisata Mandeh yang kini sedang dikembangkan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata nasional dan internasional.

Baca Juga :  Lanjutkan Pembangunan Pasar Semimodern, Pemkab Pessel Usulkan Tambahan Rp 6 Miliar ke Pusat

“Orang menyebutnya ini “Raja Empatnya Sumatera,” imbuhnya.

Hal ini disampaikannya usai memberikan kata sambutan dalam acara “Kemah Persahabatan Anak-Anak Pesisir (KPAP) Ke-II Tahun 2017” di kampung Sungai Pisang, Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan yang dimulai dari tanggal 2 – 5/2/2017 dan diikuti kurang lebih 1500 peserta, baik dari Kab Pessel, Sumbar, serta luar Sumatera Barat.

Dalam acara siang itu, dihadiri Deputi Bidang Kemaritiman Kelautan Pusat, Kepala DKP Sumbar, Ketua TP PKK Kab Pessel, Ny. Lisda Hendrajoni, Sekda Ir. Erizon, Bupati/wakil SKPD dan Muspika.

[Irfan/Rega]

Bagikan:
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close