Sutan Riska Sebagai Tamu Kehormatan Dalam Penobatan Wagub Sumbar Jadi Datuk | Redaksi Sumbar

Sutan Riska Sebagai Tamu Kehormatan Dalam Penobatan Wagub Sumbar Jadi Datuk

Sutan Riska Sebagai Tamu Kehormatan Dalam Penobatan Wagub Sumbar Jadi Datuk Dibaca : 851 Kali
Bagikan:

DHARMASRAYA, RedaksiSumbar.com – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga Raja Koto Besar ini menjadi Tamu Kehormatan dalam penobatan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menjadi Penghulu Kaum Malintang Panai, Suku Panai Tanjung, Air Haji, Pesisir Selatan, Sabtu (11/2/2017) kemarin.

Prosesi adat melewakan gala Nasrul Abit menjadi Datuk, dihadiri oleh Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumatera Barat H. Irwan Rahim, Bupati walikota se-Sumatera Barat, Forkopimda Provinsi Sumbar dan Pesisir Selatan serta para pejabat dari berbagai daerah hadir dalam baralek gadang yang dipusatkan di Labuhan Tanjak, Air Haji, Kecamatan Lingo Sari Baganti.

Dari pantauan dilapangan, Bupati Dharmasraya yang didampingi Ketua DPRD Dharmasraya H. Masrul Maas memakai baju kebesaran Raja Koto Besar berwarna kuning disambut oleh Ninik Mamak dan para Petinggi Adat Pesisir Selatan dan Sumatera Barat.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan duduk berdampingan dengan Gubernur Sumatera Barat dan Perwakilan Raja Pagaruyuang tersebut sejajar dengan para Petinggi Adat dan Datuk-Datuk dari Pesisir Selatan dan Sumatera Barat.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa dirinya diundang selain sebagai Bupati Dharmasraya juga sebagai Raja Koto Besar.

“Alhamdulillah prosesi yang dilalui oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit berjalan lancar sesuai dengan prosesi adat Kaum Malintang Panai, suku Panai Tanjung,” jelasnya.

Sutan Riska juga mengucapkan selamat kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit atas pelewaan gala Datuk Malintang Panai tersebut.

“Saya yakin dan percaya Pak Wagub dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam sambutannya setelah dinobatkan mengatakan, bahwa dirinya sudah lama diminta untuk menjadi Datuk Malintang Panai.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Kapolda Sumbar Disambut Hangat Bupati Dharmasraya

“Saya masih banyak kesibukan dan belum bisa mengemban amanah ini, sejak tahun 2000 lalu, baru sekarang saya bisa menjalankan amanah besar ini,” jelasnya.

Mantan Bupati Pesisir Selatan dua priode ini juga mengatakan dengan diberinya ia gelar Datuk tentu ini menjadi sebuah tanggung jawab dan amanah yang sangat besar yang harus dirinya pikul untuk memimpin Kaum Malintang Panai, Suku Panai Tanjung, Air Haji Pesisir Selatan.

“Insya Allah amanah ini, akan saya jalankan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya. [Hms/Irwan/Rizal]

Bagikan:
Tags: ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close