Tak Hilang Akal, Ini yang Dilakukan Warga Mengganti Jembatan yang Putus | Redaksi Sumbar

Tak Hilang Akal, Ini yang Dilakukan Warga Mengganti Jembatan yang Putus

Tak Hilang Akal,  Ini yang Dilakukan Warga Mengganti Jembatan yang Putus Dibaca : 159 Kali
Bagikan:




Pesisir Selatan, RedaksiSumabar.com–Pasca terputusan akes jalan dan jembatan menuju ke dua kampung, yakni Kampung Surau Pasia  Lubuk Nyiur dan Taratak Tampatih, Kenagarian IV Koto Mudiek, Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, aktifitas transportasi warga jadi terganggu. Namun tak mau menunggu lama perbaikan jembatan dari Pemkab Pessel, dan tak kehilangan akal, warga di dua kampung melaksanakan goro bersama dengan membuat jembatan darurat dari batang kelapa. Kecamatan Batang Kapas adalah satu kecamatan yang parah akibat banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu, Kamis ( 5/1).
Menurut salah seorang warga setempat, Adil (30) kalau keberadaan jembatan ini sangatlah fital  untuk mendukung aktifitas perekonomian warga di dua kampung. Selain putusnya jembatan,  hujan deras  juga membuat tebing/bronjong terbam terbawa arus sungai Batang Anakan.
“Ya, kita bersama warga lain bikin jembatan darurat dari batang kelapa agar aktifitas warga bisa berjalan,” ucapnya.
Dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan segera melakukan upaya cepat menanggapi masalah ini.
Wali Nagari IV Koto Mudiek, Syafran Tamsa ketika di hubungi Tim RedaksiSumbar.com ini mengatakan, hujan beritensitas tinggi yang turun kemarin membuat jembatan di daerahnya terbawa derasnya arus sungai batang anakan. Dan akibatnya warga di dua kampung sempat terisolasi karena jembatan yang terputus.
“Kita telah layangkan surat permohonan hal ini kepada pemerintah daerah,” ujar Safran, Selasa (10/1).
Ia menjelaskan, panjang jembatan yang putus itu kurang lebih 50 meter. Kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi di jembatan darurat dari batang kelapa harus pergantian, satu arah. Dengan adanya jembatan darurat yang dibikin warga di dua kampung, sudah bisa membantu aktifitas warga.
Dia berharap hal ini bisa ditindaklanjuti cepat oleh Pemerintah Daerah untuk memperbaiki jembatan dan beronjong jembatan agar aktifitas warga kembali normal seperti biasa. (galang)
Bagikan:
Baca Juga :  Main Warnet Saat Jam Salat Jumat, 28 Pelajar Ditertibkan Satpol PP Padang
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close