Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Hektar Kebun Tergenang Banjir | Redaksi Sumbar

Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Hektar Kebun Tergenang Banjir

Tanggul Sungai Jebol, Ratusan Hektar Kebun Tergenang Banjir Dibaca : 852 Kali
Bagikan:




Pesisir Selatan, RedaksiSumbar.com–Hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan, selain mengakibatkan banjir, tanah longsor juga mengakibatkan ratusan hektar areal persawahan dan perkebunan warga ikut terendam banjir. Bahkan jagung yang siap panenpun tak bisa dipetik hasilnya.

Seperti yang terjadi pada seorang petani jagung bernama Wandi di Simpang Berok Kenagarian Inderapura, Kecamatan Pancung Soal ini.

“Hujan lebat telah membobol tanggul yang terbuat dari gundukan tanah dan ampang-ampang kayu itu. Dan merendam kebun jagung dan areal yang ada di sini,” ungkapnya, Sabtu (6/1/2017)

Ia berharap kepada pihak terkait di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bisa membuat tanggul permanen.
Kini, untuk mencapai lokasi kebunnya, ia terpaksa harus menggunakan perahu sederhana yang dirakitnya sendiri, karena air yang cukup dalam.

Sementara itu Wali Nagari Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Idi Fitri mengatakan, akibat  jebolnya tanggul penahan air Sungai Batang Tapan yang tidak sanggup menahan debet air, akhirnya merendam ratusan hektar lahan warga.

“Tanggul ini jebol kemarin, (6/1-Red). Jadi, air meluap ke lahan warga,” jelas Idi.

Ia menuturkan, tanaman warga yang terendam air sungai yakni; padi 15 hektar, cabe 1 hektar, jagung 125 hektar dan sawit 315 hektar.

Kapolres Pesisir Selatan, AKBP. Deni Yuhasdiw, melalui Kapolsek Pancung Soal, AKP Firdaus ketika di hubungi membenarkan adanya lahan dan kebun warga yang terendam air luapan Sungai Batang Tapan. salah satunya di daerah Teluk Empalu.

“Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa,” tutur Kapolsek. (galang)

Bagikan:
Baca Juga :  Lanjutkan Pembangunan Pasar Semimodern, Pemkab Pessel Usulkan Tambahan Rp 6 Miliar ke Pusat
Tags: , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close