Temukan Bunga Ini, Warga Berharap Kunjungan Wisata ke Air Terjun Duo Tingkek Meningkat | Redaksi Sumbar

Temukan Bunga Ini, Warga Berharap Kunjungan Wisata ke Air Terjun Duo Tingkek Meningkat

Temukan Bunga Ini, Warga Berharap Kunjungan Wisata ke Air Terjun Duo Tingkek Meningkat Dibaca : 1242 Kali
Bagikan:




Batu Sangkar, RedaksiSumbar.com–Warga Rajo Dani Kecamatan Padang Ganting, Kabupaten Batu Sangkar, Kamis (15/12) kaget ketika menemukan 7 buah bunga langka yang menurut warga adalah bunga rafflesia. Kabar ini pun merebak ke mana-mana. Dan menambah tingkat kunjungan wisata  ke lokasi air terjun duo tingkek, dimana lokasi bunga tersebut di temukan.

Penemuan ini berawal ketika warga melakukan gotong-royong di lokasi objek wisata Air Terjin Duo Tingkek tersebut. Kepala Desa Rajo Dani, Dianto yang juga ikut dalam gotong-royong tersebut menuturkan bahwa warga kaget dengan penemuan ini, kemudian segera menjaga lokasi tersebut agar bunga itu dapat menjadi daya tarik tambahan di objek wisata yang menjadi kebanggaan mereka.

“Setau saya ini adalah bunga langka dan saya yakin ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung,” harapnya.

Memang benar, bunga yang ditemukan warga tersebut adalah termasuk bunga langka. Namun sebenarnya, yang ditemukan warga tersebut adalah bunga jenis suweg raksasa Titan Arum (Amorphpophallus titanium).  Dan bunga ini akan layu setelah 7 hari masa mekarnya.

Sementara bunga rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genusTetrastigma (famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. ( Red/ Hm )

Bagikan:
Baca Juga :  Sumbar Expo 2016 di Jawa Barat
Tags: , ,



No Responses

banner 750x100