Terkait Berita Tentang Layanan Puskesmas Pasar Kuok, Pessel, Ini Klarifikasi Kepala Puskesmas…

Terkait Berita Tentang Layanan Puskesmas Pasar Kuok, Pessel, Ini Klarifikasi Kepala Puskesmas…
DN (44) Paramedis Puskesmas Batang Kapas,  Sopir ambulan An (41) beserta kepala Puskesmas Batang Kapas, Amri, memberi klarifikasi tentang pelayanan di Puskesmas setempat, Jumat (10/3/2017). Foto: Rega Desfinal.
Bagikan:




PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Kepala Puskesmas Pasar Kuok, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Amri berjanji akan meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik pada Puskesmas yang dipimpinnya.

Amri menegaskan bahwa pelayanan publik adalah hal yang sangat signifikan yang tidak boleh diabaikan, “Dan masyarakat berhak untuk mendapatkan itu. Kami ini hadir untuk melayani masyarakat,” kata Amri Jumat, (10/3/2017) memberikan klarifikasi tentang sikap kurang baik yang dilakukan petugas paramedisnya “DN” (44) kepada keluarga Pasien, Senin (6/3/2017) di Puskesmas setempat.

Dia meminta maaf kepada keluarga Pasien Emi (46) warga Kampung Pandan, Kenagarian Koto Nan Duo atas perlakuan petugasnya  DN yang tidak seharusnya dilakukan.

Sebelumnya diberitakan, Keluarga Pasien, Darwis (41) mengeluhkan tentang layanan kurang baik yang diterima sewaktu kakaknya sakit.

Emi yang sakit di kepala disertai muntah-muntah harus dirujuk ke RSUD Painan. Namun disaat pasien hendak dibawa, “DN” mengatakan minyak bensin ambulans habis. Bahkan disaat pihak keluarga ingin menalangi dana bensin, DN melontarkan jawaban “mobil tidak bisa hidup” hingga berulang-ulang kali. Yang pada akhirnya Darwis merasa kesal dan marah.

“DN” mengucapkan sambil mondar-mandir, mobil tidak bisa hidup. Tidak satu kali diucapkannya tapi berulang-ulang. “Ya saya kesal, masa iya mobil ambulans tidak siap siaga BBM-nya. Lantas bagaimana kalau Pasien dalam kondisi kritis,” kata Darwis.

Sebetulnya DN tidak berwenang untuk menyampaikan hal itu, dia adalah seorang paramedis. Bukan seorang supir ambulans.

Ditemui secara bersamaan, DN, An (41) selaku Sopir Ambulans beserta kepala Puskesmas, Amri di kafe Viar Batang Kapas menceritakan kronologis peristiwa di Senin (6/3/2017) malam itu.

“Ya benar mobil tidak bisa hidup, tapi karena bensinya tidak ada Pak,” jelasnya.

Ia mengatakan waktu itu telah terjadi miskomunikasi. “Disaat pihak kami telah ingin membeli bensin, ada mobil orang lain yang telah datang menjemput pasien,” terangnya.

Walau bagaimanapun alasanya, pihak keluarga pasien menganggap hal itu adalah sebuah kelalaian.

Menyangkut  bensin mobil ambulans habis, An (41) Si Sopir mengatakan bahwa dirinya waktu itu tengah sakit. Ia menderita sakit campak sudah satu minggu. Katanya disarankan dokter untuk istirahat menjelang pulih.

Sementara pasien yang dirujuk harus tetap dibawa dengan mobil ambulans, “Makanya waktu itu saya minta bantu kepada Alex yang bekerja sukarela di Puskesmas agar dapat membawa pasien rujukan,” jelasnya.

Namun kejadian pelayanan kurang baik yang diterima pasien Emi pada pukul 19.30 WIB, Senin (6/3/2017) malam itu, diluar dugaannya.

Dia tidak menyangka BBM ambulans habis, “Ternyata dihari itu, Alex sudah dua kali bolak-balik membawa pasien rujukan dari Batang Kapas ke Painan. Emi adalah pasien ketiga yang harus dirujuk. Kemudian Alex juga belum sempat memberitahu ke saya kalau BBM-nya habis. Biasanya saya selalu isi bensin segera kalau BBM mulai sedikit. Saya minta maaf,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Batang Kapas, Amri telah sering mengingatkan kepada petugasnya supaya jangan sampai hal-hal seperti itu terjadi.

“Setiap pagi sering saya sampaikan kepada para petugas di Puskesmas. Menyangkut BBM maupun pelayanan saya terus mengingatkannya. Sebab pelayanan merupakan hal utama. Uang bensin ada sama bendahara,” urainya.

Amri menuturkan peristiwa yang telah terjadi merupakan sebuah pembelajaran bagi petugas Puskesmas. Justru itu, kedepan mereka tidak akan mengulangi hal yang sama dan berjanji akan mengutamakan pelayanan tanpa pilah-pilih status pasien.

“Pasien umum maupun BPJS akan mendapatkan pelayanan yang sama,” tuturnya. [Rega Desfinal]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan