Terkait Jalan Longsor Di Palembayan, Dinas PU Sumbar Diduga Tutup Mata

Terkait Jalan Longsor Di Palembayan, Dinas PU Sumbar Diduga Tutup Mata
Tampak kondisi jalan yang longsor di Kecamatan Palembayan. (Rusman Hakim)
Bagikan:




AGAM, RedaksiSumbar.com – Lebih kurang setahun lamanya, jalan di jorong Palembayan Tangah, Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam longsor dan tak kunjung diperbaiki. Sehingga, akses masyarakat terancam putus.

Setiap harinya, kondisi longsor kian bertambah. Karena, air terus menggerus badan jalan, sehingga kenderaan roda empat harus lewat pinggir jalan yang mengancam keselamatan pengemudi.

Menurut ketua Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan (GPPKP), Rusman Hakim, Minggu (26/8/2018) mengatakan jalan ini merupakan jalan utama yang selalu dilewati masyarakat menuju Kota Bukittinggi. Baik itu angkutan umum maupun truck serta mobil pribadi.

“Kalau jalan longsor ini dibiarkan tanpa ditindaklanjuti dengan cepat, dikhawatirkan menjadi ranjau bagi pengguna jalan yang melintasinya,” ucap Rusman Hakim.

Dikatakan Rusman Hakim juga, dilokasi jalan rusak itu tidak ada lampu penerangan jalan. Sehingga, kalau dimalam hari pengendara sangat takut kalau melintas dijalan tersebut.

“Pihak instansi terkait diduga tidak bertanggung jawab atas perbaikan jalan di wilayah ini. Buktinya, sejak rusak sampai sekarang instansi terkait masih diam saja atau diduga tutup mata,” tegas Rusman Hakim.

Dari pantauan kita kata Rusman Hakim, instansi terkait baru memasang rambu tanda bahaya di lokasi jalan longsor. Namun, perbaikan tidak ada dilakukan.

“Masyarakat sangat kecewa dengan instansi terkait yang diduga tidak peduli akan kesejahteraan masyarakat. Karena, sama kita ketahui jalan ini termasuk akses utama masyarakat,” lebih tegasnya juga.

Jika jalan tersebut sempat putus kata Rusman Hakim, hubungan masyarakat di Kecamatan Palembayan bagian Barat dengan Bukittinggi akan terkendala.

“Instansi terkait diminta sesegera mungkin melakukan perbaikan jalan ini. Agar, hal-hal yang tidak diinginkan masyarakat tidak terjadi dan hubungan antar wilayah itu tidak terhambat,” pintanya.

Dalam hal ini kata Rusman Hakim, pihak Kecamatan Palembayan sudah melaporkannya ke pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Sumatera Barat.

“Ridwan Nusa, selaku Camat Palembayan sudah melapor ke Dinas PU Provinsi Sumatera Barat terkait jalan longsor ini. Namun, sampai sekarang belum juga diperbaiki,” tukas Rusman Hakim.

Dicoba mengirim pesan untuk mengkonfirmasi terkait jalan itu terhadap pihak Dinas PU Sumbar, namun tidak ada balasan. (Red)




Bagikan:
Topik: , , , ,
Loading...