Tiga Puskesmas Di Solok Selatan Kembali Dapat Penilaian Akreditasi | Redaksi Sumbar

Tiga Puskesmas Di Solok Selatan Kembali Dapat Penilaian Akreditasi

Tiga Puskesmas Di Solok Selatan Kembali Dapat Penilaian Akreditasi Dibaca : 286 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Untuk melakukan peningkatan mutu pelayanan medis di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Tiga dari enam Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang belum terakreditasi mendapatkan penilaian tim surveyor akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

“Ada tiga dari enam Puskesmas yang belum terakreditasi dilakukan penilaian di Solok Selatan ini. Tiga Puskesmas tersebut, Puskesmas Muara Labuh, Pauh Duo dan Mercu,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman kearin.

Menurutnya, dari enam Puskesmas yang belum terakteditasi ini baru tiga Puskesmas yang menyatakan kesiapan untuk melakukan verifikasi akreditasi di tahun 2017 ini. Akreditasi puskesmas ini merupakan rencana strategi (Rentra) Kemenkes hingga 2019 dalam meningkatan pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama kepada masyarakat.

“Pada tahun 2016 lalu, ada tiga Puskesmas yang telah terakreditasi yakni, Puskesmas Pakan Rabaa, Bidar Alam dan Talunan,” katanya.

Dia mengatakan, ditargetkan ke sembilan Puskesmas yang ada ini akan dilakukan penuntasan akreditasi hingga akhir 2017 ini.

“Ada tiga indikator penilaian akreditasi Puskesmas ini, yang pertama, bidang upaya kesehatan masyarakat, bidang pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan bidang manajemen administrasi,” katanya.

Ketiga indikator ini sangatlah penting bagi sebuah Puskesmas. Jika ini tidak terlaksana. Maka, pada tahun 2019 mendatang Puskesmas terebut tidak bisa bekerja sama dengan BPJS. [Dicky]

Bagikan:
Baca Juga :  Gadis Remaja Diperkosa Lima Pemuda Di Limapuluh Kota
Tags: , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.

close