Tiga Spesies Satwa Baru Tambah Koleksi Satwa TMSBK Bukittinggi | Redaksi Sumbar

Tiga Spesies Satwa Baru Tambah Koleksi Satwa TMSBK Bukittinggi

Tiga Spesies Satwa Baru Tambah Koleksi Satwa TMSBK Bukittinggi
Tiga spesies satwa baru tambah koleksi satwa TMSBK Bukittinggi, satu spesies diantaranya adalah singa Afrika ini yang di datangkan dari Bali Zoo.
Dibaca : 243 Kali
Bagikan:

BUKITTINGGI, RedaksiSumbar.com – Tiga species satwa baru yang di datangkan dari Bali Zoo di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi menambah koleksi satwa di daerah tersebut. Adapun satwa tersebut berjumlah 9 ekor, 3 ekor Singa Afrika (Panthera leo), 3 ekor Burung Bayan (Eclectus roratus polychorus) dan 3 Kangguru Tanah (Thylogale brunnii).

Kepala Bidang TMSBK Bukittinggi, Ikbal Sabtu (15/4/2017) mengatakan ada 2 ekor betina dan 1 ekor jantan untuk satwa Singga Afrika, begitu juga dengan Kangguru dan Burung Bayan masing-masing 2 ekor betina dan 1 ekor jantan.

“Singa Afrika tiba di TMSBK Bukittinggi pada hari Sabtu (15/4/2017) sekitar pukul 4 subuh dengan menggunakan jalur darat sedangkan Burung Bayan tiba pada hari Selasa (11/4/2017) dan Kangguru Tanah pada hari Senin (10/4/2017) dengan menggunakan jalur udara,” jelasnya.

Ikbal menyebutkan pihak Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi masih menempatkan Singa Afrika dan Kangguru Tanah di kandang isolasi karena baru saja sampai dari Bali Zoo sekaligus agar satwa tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya sebelum dilepaskan ke kandang barunya.

“Dalam waktu seminggu ini masih diobservasi dulu, jika sudah terlihat cukup mengenal lingkungannya sekitarnya, baru dilepas ke kandang masing-masing yang lebih luas yang telah disiapkan agar memudahkan satwa tersebut bebas dalam kandangnya,” ujarnya.

Ikbal menambahkan untuk koleksi satwa Singa Afrika terakhir kali Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi memilikinya di tahun 2007 dan Kangguru Tanah pada 2014 lalu.

Sedangkan Burung Bayan pihaknya telah melepasnya di kandang dan disiapkan untuk dapat melakukan atraksi dan berinteraksi dengan pengunjung.

“Burung Bayan kondisinya sudah dalam setengah terlatih, jadi kami berencana akan melatih satwa burung ini agar dapat melakukan atraksi di depan pengunjung,” pungkasnya.

Baca Juga :  Satpol PP Wanita di Bukittinggi Bantu Pengamanan Saat Salat Jumat

Dengan adanya satwa dari Bali Zoo ini tentunya menambah jumlah koleksi satwa di TMSBK Bukittinggi yang sebelumnya berjumlah 561 ekor kini bertambah menjadi 570 ekor.

“Hibah satwa dari Bali Zoo tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama pemerintah Bukittinggi dengan pihak Bali Zoo pada Oktober 2016 lalu yang kini terealisasikan,” imbuhnya.

Pihaknya tentu berharap dengan bertambahnya satwa baru ini dapat menambah daya tarik dan minat pengunjung untuk datang ke TMSBK Bukittinggi serta dapat meningkatkan fungsi konservasi dan fungsi edukasi TMSBK. [Debi Kurnia] 

Bagikan:
Tags: , , , , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close