Tim Gabungan Tilang Kenderaan Over Dimensi Di Pasbar

Tim Gabungan Tilang Kenderaan Over Dimensi Di Pasbar
Tampak tim sedang melakukan pengecatan batas bak kenderaan. (Istimewa)
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pasaman Barat (Pasbar), Satlantas Polres Pasbar, Balai Transportasi Darat Sumbar, Ditlantas Polda Sumbar, Sie Korwas PPNS Ditreskrimsus Polda Sumbar
melakukan razia kendaraan over dimensi di jalur Kinali – Kampung Baru, Pasbar.

Dalam razia tersebut, petugas mendapati puluhan kendaraan truk yang melebihi kapasitas muatan. Bahkan ditemukan juga kendaraan yang lebih tinggi dari ukuran sesuai Keur.

Razia yang dilakukan oleh petugas gabungan ini dilakukan terhadap kenderaan yang melaju dari arah Padang menuju Perbatasan Pasaman Barat dengan Sumatera Utara . Razia dilakukan rest area wilayah Kinali dan Parit, Kotobalingka.

“Iya, Sasaran razia ini adalah kendaraan truk yang melebihi batas ukuran kendaraan atau over dimensi dari ukuran yang sebenarnya baik angkutan barang maupun angkutan umum,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pasaman Barat, Edison Zelmi, Kamis (11/10/2018).

Dalam razia ini, petugas awalnya mengecek kesesuaian surat kendaraan, dengan kondisi kendaraan/serta muatan. Namun saat dilakukan pengukuran bodi kendaraan, petugas mendapati puluhan kendaraan truk yang over dimensi.

“Bahkan kita temukan juga kendaraan truk colt diesel yang lebih tinggi, lantaran dilakukan penambahan ketinggian secara illegal,” katanya.

Razia ini dilakukan dalam rangka giat pemeriksaan kenderaan bermotor angkutan barang dan angkutan umum yang melebihi kapasitas dan over dimensi.

Edison Zelmi menjelaskan, setidaknya ada 119 berkas tilang yang dikeluarkan selama dua hari giat tersebut. Seperti pada hari pertama, Rabu (10/10/2018) di Kinali sebanyak 78 berkas tilang, sedangkan untuk hari kedua, Kamis (11/10/2018) sebanyak 41 berkas tilang.

“Semua berkas tilang tersebut akan disidangkan pada 19 Oktober 2018 di Pengadilan Negeri Simpang Empat, Pasbar,” tegas Edison. (Red)




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...