Tim KARS Datangi RSUD M. Hanafiah Batusangkar, Ada Apa?

Tim KARS Datangi RSUD M. Hanafiah Batusangkar, Ada Apa?
Bupati Tanah Datar, Irdinasyah Tarmizi sedang menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua KARS Asianto Supargo ditempat acara. [IST]
Bagikan:




TANAH DATAR, RedaksiSumbar.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bertekad meningkatkan berbagai fasilitas penunjang di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar. Hal ini berkaitan dengan harapan akan peningkatan status RSUD M.Hanafiah batusangkar dari kelas C menjadi kelas B.

Selain itu juga, pihak RSUD M. Hanafiah Batusangkar harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan yang merupakan salah satu sektor prioritas pembangunan.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya dihadapan Tim Surveyor dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang diketuai Dr. Asianto Supargo, Sp. Kj. DHSM, Sekda Tanah Datar Hardiman, Kepala OPD se Tanah Datar, Direktur RSUD M. Hanafiah Afrizal Hasan beserta jajarannya mengatakan, ketika kelas Rumah Sakit sudah meningkat, tentu saja segala fasilitas penunjang akan semakin meningkat lebih bagus dan representatif.

“Ketika menangani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, harus bisa terlayani dengan baik. Karena, Agreditasi Rumah Sakit sudah naik dari kelas C menjadi kelas B,” jelas Irdinansyah di Gedung Pertemuan Emersia Hotel Batusangkar, Rabu (13/12/2017).

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, pihak rumah sakit bersama pemerintah daerah secara bertahap dan terukur akan terus berusaha untuk meningkatkan fasilitas. Sehingga, diharapkan ke depan tidak hanya menjadi milik masyarakat Tanah Datar, tapi juga masyarakat luar Tanah Datar.

“Insya Allah ke depan, kita akan bangun Rumah Sakit yang repsentatif yang sesuai master plan yang sudah ada dengan anggaran dana sebesar Rp. 350 Milyar,” sebut Bupati.

Untuk tahun 2018 nanti, kita memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan RI sebesar Rp. 34 Milyar. Dana ini nantinya, akan diprioritaskan untuk membangun ruangan poli,” ungkap Bupati.

Bupati Irdinansyah juga menyampaikan, selama dua tahun belakangan pihak RSUD M. Hanafiah sudah berbenah, baik dari segi bangunan, administrasi serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Rasanya kurang afdol, apabila dengan berbagai peningkatan yang kita lakukan, kelas Rumah Sakit masih di kelas C. Karena, kita melihat dan merasa bahwa sudah sepantasnya kita bisa memperoleh kelas B,” tutur Bupati.

Dikatakan Irdinansyah juga, untuk tahun 2019 nanti, kita kembali mendapat bantuan untuk pembangunan rawat inap penyakit dalam. Namun, dengan catatan bantuan Rp. 34 M ditahun 2018 ini, harus dilaksanakan dengan benar. Sehingga, pihak pusat percaya dalam memberikan dana DAK kedepan, dan ini harus menjadi catatan bagi direktur RSUD M. Hanafiah.

Untuk itu, Irdinansyah berharap sebelum masa jabatannya selaku Bupati Tanah Datar berakhir, Rumah Sakit Umum Daerah M. Hanafiah Batusangkar menjadi rumah sakit rujukan, tidak hanya bagi masyarakat Luhak Nan Tuo. Namun, juga untuk masyarakat di sekitaran Tanah Datar.

“Semoga dengan dukungan seluruh OPD terkait beserta seluruh lapisan masyarakat, keinginan bersama ini dapat diwujudkan. Dan kepada tim penilai, ketika melakukan visitasi, kalau ada kekurangan minta tolong disampaikan kepada kami dan Insya Allah akan kita perbaiki segera untuk lebih baik lagi,” ujar Bupati.

Selanjutkan, Ketua tim KARS Asianto Supargo, dalam sambutannya menyampaikan, tim penilai akan melakukan survey selama 3 hari ke depan, dengan melihat standar bangunan, pelayanan dan SDM yang sesuai standar Kementerian Kesehatan RI.

“Kita akan lakukan survey lapangan. Karena, Akreditasi atau kelas sebuah Rumah Sakit sangat membedakan pelayanan dan kenyamanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tentu saja, harus berimbas kepada bantuan yang bisa diperoleh dari pemerintah pusat,” pungkas Asianto.

Disamping itu, dr.H.Afrizan Hasan Selaku Direktur RSUD M.Hanafiah Batusangkar menyampaikankan harapan, dengan peninalaian dari Team KARS, RSUD telah sesuai dengan Standar SPO sehingga pelayan kesehatan masyarakat lebih baik dan nyaman.

“Setelah di survei oleh team KARS dari pusat, pelayanan di Rumah Sakit terhadap masyarakat bisa lebih baik menurut standar SPO yang ada. Sehingga, masyarakat bisa lebih baik dan nyaman dalam menerima layanan di Rumah Sakit,” tutup Afrizal. [REY]

Bagikan:
Tags: , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.