Tim Saber Pungli Polres Pessel Datangi Lokasi Parkir Di Kawasan Obyek Wisata Puncak Mandeh | Redaksi Sumbar

Tim Saber Pungli Polres Pessel Datangi Lokasi Parkir Di Kawasan Obyek Wisata Puncak Mandeh

Tim Saber Pungli Polres Pessel Datangi Lokasi Parkir Di Kawasan Obyek Wisata Puncak Mandeh
Kasat Reskrim AKP Muhardi S.Ik bersama tim Saber Pungli Kabupaten Pesisir Selatan sedang melakukan sosialisasi terhadap penggelola parkir di Puncak Mandeh. [Rega Desfinal]
Dibaca : 607 Kali
Bagikan:

PESISIR SELATAN, RedaksiSumbar.com – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Pesisir Selatanda datangi obyek wisata Puncak Mandeh, Rabu (28/6/2017). Pasalnya, ada dugaan pungli diwilayah tersebut sesuai adanya laporan masyarakat.

Tim Saber Pungli Kabupaten Pesisir Selatan yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Pessel AKP Muhardi, S.Ik didampingi Kasat Bimas AKP Khairul Daut serta KBO Reskrim Polres Pessel turun langsung ke lokasi. Guna, memastikan laporan masyarakat ataupun pengunjung obyek Wisata Mandeh yang merasa dirugikan.

“Sesuai adanya laporan lisan bahwa ada dugaan pungutan liar (pungli) di lokasi parkir kawasan obyek Wisata Mandeh dengan tarif Roda Dua Rp.3.000 dan mobil Rp.10.000 dan Boat Rp.10.000. Sementara sepengetahuan pengunjung untuk kendaraan retribusi parkir roda dua yang ada dikawasan obyek Wisata Mandeh tidak ada membayar alias gratis,” kata Muhardi.

AKP Muhardi menambahkan sebagai tindak lanjut, timnya turun ke kawasan Puncak Mandeh Koto XI Tarusan bersama tim lainya ke lokasi parkir dikawasan obyek wisata Mandeh.

“Kita sudah cek lokasi parkir diwilayah Obyek Wisata Mandeh, setiba lokasi parkir langsung melakukan dialog bersama pengelola yang sekalian pemilik lahan parkir serta melakukan sosialisasi,” ujar Muhardi.

Ia menjelaskan, dugaan pungli parkir yang menjadi keberatan ternyata bukanlah lahan milik pemerintah daerah melainkan milik pribadi warga sekitar. Jadi, masalah tarif parkir tentunya tergantung mereka asal tidak melakukan aksi pemaksaan terhadap pengunjung.

“Kita tim saber pungli Kabupaten Pesisir Selatan sudah memberikan sosialisasi kepada pengelola pakir dan pemilik lahan agar bisa mengurangi tiket parkir,” katanya.

Dusamping itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan, Nusirwan saat dikonfirmasi mengatakan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) tentang retribusi parkir kendaraan yang diatur adalah untuk Roda Dua Rp1.000, Roda Empat Rp 4.000, Roda Enam Rp.10.000 dan kendaraan besar lainya Rp.15.000. Terkhusus bagi kendaraan retribusi parkir roda dua yang ada dikawasan Obyek Wisata Mandeh tidak ada. Karena Pemerintah Daerah belum memiliki lahan.

Baca Juga :  Dinas Pangan Dan Perikanan Dharmasraya Serahkan Bantuan Benih Ikan Ke Masyarakat Jorong Sungai Bolik

“Di Obyek Wisata Pantai Carocok, Dishub Pesisir Selatan tidak melakukan penggutan bagi Roda Dua, hanya kendaraan besar yang masuk Retribusi parkir PAD Daerah,” jelas Nusirwan.

Untuk di kawasan Obyek Wisata Mandeh kata Nuzirwan, pihaknya telah menghimbau melalui Wali Nagari yang ada di daerah itu untuk dapat melakukan penggelolan retribusi parkir sesuai aturan Perda yang ada. Agar tidak memberatkan para pengunjung,  termasuk retribusi parkir yang ada dikawasan Race Area juga harus ada SK dari Bupati.

“Kita tidak bisa melakukan pungutan sembarang tanpa ada dasar dan aturan yang jelas,” tegas Nya.

Lebih jauh Nusirwan menghimbau kepada masyarakat yang memiliki lahan parkir ataupun pengelola parkir dapat memungut sesuai Perda yang ada. [Rega Desfinal]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close