Tim Saber Pungli Solsel Bakal Beli Alat Penyadap, Jika Dibolehkan | Redaksi Sumbar

Tim Saber Pungli Solsel Bakal Beli Alat Penyadap, Jika Dibolehkan

Tim Saber Pungli Solsel Bakal Beli Alat Penyadap, Jika Dibolehkan Dibaca : 325 Kali
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Muzni Zakaria mengukuhkan Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) tingkat Kabupaten Solok Selatan di Padang Aro, Selasa,(24/1/2017). Pengukuhan Tim Saber Pungli yang beranggotakan 80 orang ini disaksikan Kapolres Solsel AKBP Ahmad Basahil, Kajari Padang Aro,  E Nurhidayat dan Sekdakab, Yulian Efi.

Dalam SK pengukuhan Unit Saber Pungli tersebut Bupati Muzni Zakaria menjabat sebagai Penanggungjawab, Wakapolres Solsel Kompol Musrial (Ketua Pelaksana), Amdani (Wakil I), Gema Wahyudi (Wakil II), Kompol Benu Alam (Sekretaris I), Ahmad Jaya (Sekretaris II).

Kemudian Bupati Muzni Zakaria mengatakan Unit Saber Pungli yang dikukuhkan berwenang menyelenggarakan fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi, serta mempunyai kewenangan membangun sistem pencegahan dan pemberantasan punggutan liar. Diberi kewenangan melakukan pengumpulan data informasi yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi. Tim Saber Pungli akan mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan punggutan liar. Bahkan Tim Saber mempunyai kewenangan melakukan operasi tangkap tangan, memberikan rekomendasi kepada pimpinan untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungli sesuai ketentuan yang berlaku. Kemudian memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas Unit Saber Pungli di setiap instansi penyelenggara pelayanan publik serta melaksanakan evaluasi kegiatan pemberantasan pungli.

Lebih lanjut Muzni mengatakan, Tim Saber Pungli yang terdiri dari berbagai unsur penegak hukum yang ada di Solsel bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan publik.

“Dengan telah adanya Tim Saber Pungli nanti kita harus memiliki nomor telpon khusus yang bisa dihubungi masyarakat untuk melaporkan adanya kejadian pungli. Kita juga juga akan melakukan sosialisasi secepatnya tentang telah terbentuknya Tim Saber Pungli,” ucapnya.

Terakhir Bupati Muzni menyebutkan jika ada aturan yang membolehkan Tim Saber Pungli boleh memiliki alat penyadap dan anggaran APBD Solsel mendukung untuk membelinya maka Pemda Solsel akan mengupayakan untuk memilikinya.

Baca Juga :  Selamat Jalan Sang Hero, Penyelamat Pelajar yang Tenggelam

[Humas Pemkab Solsel/Rilis Pers]

Bagikan:
Tags: , ,
Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close