TNKS Temukan Puluhan Jerat Rusa

TNKS Temukan Puluhan Jerat Rusa
Personel Polhut TNKS menemukan rusa yang telah mati terjerat saat operasi sapu jerat 2017 yang digelar TNKS beberapa waktu lalu.
Bagikan:

SOLOK SELATAN, RedaksiSumbar.com – Kantor Seksi Pengelola Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah IV Sangir, Solok Selatan, Sumatera Barat musnahkan puluhan jerat rusa yang terpasang dikasawan hutan TNKS. Penemuan jerat rusa ini merupakan, kegiatan Operasi Sapu Jerat yang digelar TNKS sepanjang 17 hingga 21 Juni 2017 lalu.

“Kita menemukan sedikitnya 30 jerat rusa yang terpasang dikawasan ¬†zona rimba TNKS. Tepatnya, di Jorong Liki Atas, Nagari Lubuk Gadang Selatan,” kata Kepala Seksi Kantor Seksi Pengelola TNKS wilayah IV Sangir, Solok Selatan, David di kantornya di Padang Aro.

Menurutnya David yang didampingi Polhut pelaksana lanjutan TNKS, Rika Putra, selain menemukan puluhan jerat, pihak TNKS juga menemukan rusa dan babi hutan yang telah mati terjerat dikawasan zona rimba TNKS.

“Diduga jerat ini dipasang oleh para pemburu liar. Apalagi jelang lebaran lalu, mereka melakukan perburuan untuk kembali dijual,” katanya.

Dia mengatakan, di Solok Selatan tepatnya dikawasan TNKS masih marak terjadinya perburuan liar hewan yang dilindungi. Untuk antisipasi dan pengawasan, pihak TNKS masih terkendala dengan jumlah personel karena, kawasan TNKS yang berada di Solok Selatan sangat luas.

“Namun demikian, kita tetap bekerja ektra untuk pengawasa perbutuan liar ini dengan cara melakukan operasi rutin,” jelasnya.

Dia meyakini, masih banyak lokasi titik jerat yang terpasang di kawasan TNKS ini. Apalagi, daerah TNKS yang berbatasan langsung dengan pemukiman warga. [Dicky]

Bagikan:
Tags: , , , ,
Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan