TPA Sampah Pasaman Barat Diduga Illegal | Redaksi Sumbar

TPA Sampah Pasaman Barat Diduga Illegal

TPA Sampah Pasaman Barat Diduga Illegal Dibaca : 633 Kali
Bagikan:




PASAMAN BARAT, RedaksiSumbar.com – Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kabupaten Pasaman Barat yang terletak di Jorong Kartini, Nagari Muaro Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat diduga belum kantongi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Dugaan ini muncul setelah adanya informasi bahwa tanah areal TPA Sampah Kabupaten Pasaman Barat belum memiliki sertifikat tanah.

“Sampai sekarang, kami masyarakat Nagari Muaro Kiawai belum ada mendengar dan mendapatkan informasi dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat terkait sosialisasi dari Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat tentang Izin Lingkungan Hidup atau kerap didengar AMDAL ataupun UKL UPL,” kata Edi. S Warga Nagari Muaro Kiawai, Minggu (2/4/2017).

Kita sangat menyayangkan kalau izin lingkungan TPA sampah itu tidak ada. Pasalnya, dampak pencemarannya sangat membahayakan ekosistem sungai yang ada di wilayah TPA tersebut.

“Pemerintah harus cepat tanggap dalam hal izin lingkungan TPA Sampah tersebut, agar sungai Batang Kenaikan tidak tercemar akibat dari aliran air lindi dari sampah itu,” pinta Edi.

Ditambahkannya, Wali Nagari Muaro Kiawai, Harju, terkait sertifikat tanah areal TPA Sampah Pasaman Barat yang terletak di Nagari Muaro Kiawai ini sepengetahuan belum ada terbit.
“Kita belum mendengar kalau sertifikat tanah areal TPA Sampah Pasaman Barat itu ada, dan terkait AMDAL sama sekali tidak ada mendengar. Karena, biasanya setiap menerbitkan izin lingkungan atau AMDAL selalu ada pemberitahuan ke Nagari, apalagi TPA Sampah Pasaman Barat ini berada di wilayah kerja saya,” terang Harju.

Selain itu, Camat Gunung Tuleh, Sahdan, saat dikonfirmasi mengatakan kurang tahu terkait TPA Sampah Pasaman Barat yang ada di Nagari Muaro Kiawai itu.

Baca Juga :  Nagari Katiagan Pasbar, Dicanangkan Sebagai Kampung KB

“Kita tidak tahu persis tentang legalitas TPA Sampah Pasaman Barat itu. Yang lebih jelasnya tentu ke Dinas Lingkungan Hidup,” kata Sahdan.

Pernah dikonfirmasi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat, Edi Busti, melalui Kepala Bidang Kebersihan, Imter Nasution, dikantornya membenarkan bahwa TPA Sampah Pasaman Barat Yang terletak di Nagari Muaro Kiawai itu belum ada AMDAL.

“Bagaimana menerbitkan AMDAL, sertifikat tanahnya saja belum ada,” jelas Imter.

Dalam satu hari kata Imter, Kabupaten Pasaman Barat mengumpulkan sampah mencapai 30 Ton yang terangkut ke TPA itu.

“Kita tetap buang sampah ke TPA itu, habis gak ada pembuangan lainnya,” cetusnya.

Anggota DPRD Pasaman Barat dari Komisi III yang membidangi Lingkungan Hidup, Endang Jaya Putra, menegaskan agar Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melengkapi legalitas TPA Sampah Pasaman Barat di Muara Kiawai itu.

“Pemkab Pasbar melalui Dinas Lingkungan Hidup harus sesegera mungkin melengkapi legalitas TPA Sampah. Jangan sampai terjadi pencemaran,” lebih tegasnya.

Ditambahkan Ketua DPRD Pasaman Barat, Daliyus.K, mengatakan akan memanggil Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat secepatnya. Agar dimintai penjelasan terkait status TPA Sampah itu.

“Kita akan pertanyakan ke dinas terkait secepatnya, agar legalitas TPA Sampah itu jelas,” sebut Daliyus. [Bisri Batubara]

Bagikan:
Tags: , , , ,



Solok Selatan dalam Berita

No Responses


close