Tuan Gadih Raudha Thaib Gantikan Sementara Posisi Raja Pagaruyung

Tuan Gadih Raudha Thaib Gantikan Sementara Posisi Raja Pagaruyung
Jenazah Sultan H Thaib dilepas secara adat oleh seluruh pemuka masyarakat. (Istimewa)
Bagikan:




TANAH DATAR,RedaksiSumbar.com – Pemakaman Rajo Alam Minangkabau Pagaruyuang Sultan H Taufik Thaib dilaksanakan secara adat dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Tanah Datar, Jumat (2/2/2018).

Sejumlah petinggi yang hadir tersebut diantaranya, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma, Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas, ninik mamak, alim ulama, dan tokoh masyarakat lainnya.

Nasrul Abit menyebutkan selama hidup almarhum sudah banyak berbuat untuk Sumbar dan berkiprah dalam berbagai organisasi, adat, budaya dan sosial kemasyarakatan.

“Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan memperoleh surga Allah. keluarga yang ditinggalkan selalu tabah dan tawakkal,” ucapnya.

Sementara itu, Juru bicara Istano Basa Pagaruyung, Datuak Silinduang Bulan mengatakan bahwa pasca meninggalnya Sultan Thaib, pengganti sementara posisi raja di Pagaruyung adalah Tuan Gadih Raudha Thaib hingga terpilihnya Raja Alam yang baru.

Selanjutnya Datuak Silinduang Bulan (Jubir) mengatakan rangkaian kegiatan berikutnya adalah menetapkan pelaksana tugas kepada Tuan Gadih Raudha Thaib hingga terpilihnya Raja Alam selanjutnya.

“Setelah prosesi pemakaman ini rangkaian kegiatan selanjutnya menetepkan pelaksana tugas kepada Tuan Gadih Raudah Thaib sampai terpilihnya yang dipertuankan baru,” terang Datuak Silinduang Bulan. [REY]

Berita terkait : Raja Pagaruyung Meninggal Dunia




Bagikan:
Topik: , ,
Loading...